Distributional pattern of lexical bundle functions in Indonesian EFL undergraduate theses / Tuning Ridha Addhiny - Repositori Universitas Negeri Malang

Distributional pattern of lexical bundle functions in Indonesian EFL undergraduate theses / Tuning Ridha Addhiny

Addhiny, Tuning Ridha (2018) Distributional pattern of lexical bundle functions in Indonesian EFL undergraduate theses / Tuning Ridha Addhiny. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Addhiny Tuning Ridha. 2018. Pola Distribusi Fungsi Bundel Leksikal dalam Skripsi Pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. (II) Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. Kata kunci bundel leksikal korpus korpus pelajar pembelajar bahasa inggris sebagai bahasa asing Saat ini sejumlah besar penyelidikan mengeksploitasi penggunaan korpus dalam menganalisis pola linguistik dan tekstual seperti idiom bongkahan dan bundel. Pola-pola ini biasanya disebut ekspresi multi-kata dan mampu mengenali dan menggunakan pola-pola ini dianggap penting untuk kelancaran dalam pembelajaran bahasa. Studi ini meneliti pola distribusi fungsi bundel leksikal di lima bab skripsi pembelajar bahasa inggris sebagai bahasa asing. Korpus digunakan sebagai subjek penelitian utama dalam penelitian ini. Untuk menemukan pola distribusi fungsi bundel leksikal peneliti membuat korpus pelajar dari C-SMILE dan tesis-tesis terkini yang diambil dari Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang. Penelitiaan ini menggunakan 433 skripsi yang ditulis oleh mahasiswa Sastra Bahasa Inggris dan mahasiswa Pengajaran Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang dari tahun 2011 hingga 2016. Korpus pelajar ini dibagi menjadi lima sub-korpora untuk memeriksa secara rinci pola bundel leksikal di setiap bab skripsi menggunakan perangkat lunak Antconc. Kemudian kerangka yang dimodifikasi Salazar (2014) digunakan untuk mengklasifikasikan fungsi bundel tersebut. Temuan menunjukkan bahwa ada pola serupa dalam distribusi fungsi bundel leksikal di lima bab skripsi. Dalam bab 1 2 4 dan 5 bundel yang berorientasi pada teks adalah bundel yang paling dominan diikuti oleh bundel yang berorientasi pada penelitian yang masih dianggap menonjol. Sementara itu fungsi bundel leksikal yang paling jarang digunakan dalam setiap bab skripsi adalah bundel yang berorientasi pada peserta dimana bundel jenis ini hanya muncul tidak lebih dari 10%. Di sisi lain bab 3 menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan bundel yang berorientasi pada penelitian sebagai bundel yang paling dominan dan juga memiliki persentase tertinggi di antara bab-bab lain dengan 70%. Akibatnya bundel yang berorientasi pada teks turun menjadi 29 32% dan bundel yang berorientasi peserta hanya 0 6%. Selain itu berdasarkan subkategorinya bundel prosedur yang berorientasi pada penelitian muncul sebagai bundel leksikal yang paling menonjol di semua bab skripsi diikuti oleh bundel deskripsi dan bundel inferensial. Akhirnya penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi dosen dalam mengajar menulis penelitian dan juga menyarankan penggunaan korpus dalam proses belajar mengajar. Selain itu studi ini memberikan wawasan baru dalam menggunakan korpus untuk melihat situasi dimana bundel leksikal yang dominan muncul dengan menunjukkan konteks asli di mana kumpulan leksikal tersebut ada di segmen yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58975

Actions (login required)

View Item View Item