Suseno, Chrisna Irmawan (2018) Reading strategy, self-efficacy, and reading comprehension of Senior High School students across gender / Chrisna Irmawan Suseno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suseno C I. 2018. Reading Strategy Self-efficacy and Reading Comprehension of Senior high School Students Across Gender. Thesis. Graduate Program in English Language Teaching State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (2) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd. Keywords reading strategy self-efficacy reading comprehension Strategi membaca adalah faktor kognitif yang dipercaya untuk membantu pembaca asing karena hal ini merupakan cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah bahasa dan meningkatkan prestasi dalam belajar bahasa. Sementara tu kepercayaan diri merupakan faktor afektif yang dianggap memiliki peran penting dalam mencapai prestasi belajar bahasa. Karena strategi membaca dan kepercayaan diri dipercaya dapat mempengaruhi pemahaman membaca siswa penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana hubungan strategi membaca kepercayaan diri dalam membaca dan pemahaman membaca siswa khususnya dalam konteks bahasa asing di Indonesia. Jadi rumusan masalah dalam penlitian ini adalah (1) Berapa besar kepercayaan diri siswa dalam membaca secara signifikan berkontribusi terhadap pemahaman membaca siswa (2) Berapa besar kepercayaan diri siswa dalam membaca yang dimediasi oleh strategi membaca siswa secara signifikan berkontribusi terhadap pemahaman membaca siswa (3) Bagaimana pola hubungan kepercayaan diri siswa dan strategi membaca siswa berkontribusi terhadap pemahaman membaca siswa pada data siswa laki-laki dan perempuan Metode dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Seratus delapan puluh tiga siswa sekolah menengah atas dilibatkan dalam penelitian kuantitatif ini. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuisioner strategi membaca kuisoner kepercayaan diri dan tes kemampuan membaca. Dalam menganalisis data analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda digunakan untuk menguji model jalur pada penelitian ini. Program yang digunakan adalah SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri siswa dalam membaca secara langsung dan tidak langsung berkontribusi terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa. Berdasarkan dari data jenis kelamin hasil penelitian menunjukkan hasil yang sama dimana dapat dikonfirmasi bahwa kerpercayaan diri dan strategi membaca siswa mempunyai peran yang penting terhadap kemampuan pemahaman membaca. Kepercayaan diri adalah variabel yang paling dominan terhadap kemampuan pemahaman membaca dengan kontribusi total sebesar .414 (semua) .378 (perempuan) dan .455 (laki-laki). Poin ini mengimplikasikan kesadaaran pendidik untuk mendesain pelajaran yang melibatkan faktor-faktor penting ini seperti pendidik perlu mendesain pelajaran yang dapat membantu siswa mempunyai kontrol terhadap perasaan pikiran dan aktivitasnya. Selain itu pendidik perlu menyediakan latihan langsung dalam penggunaan strategi dalam membaca seperi latihan strategi pada saat sebelum sedang dan setelah aktivitas membaca. Untuk peneliti model yang sama dapat diteliti dengan skill yang berbeda seperti prestasi dalam mendengar menulis dan berbicara sehingga model ini dapat lebih umum diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58971 |
Actions (login required)
View Item |