Rohmadiyah, Eni (2015) Melalui model numbered heads together dapat meningkatkan prestasi belajanr PKn pada siswa kelas III SDN Candirejo 04 Kecamatan Ponggok / Eni Rohmadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rohmadiyah Eni. 2015. Melalui Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Pada Siswa Kelas III SDN Candirejo 04 Kecamatan Ponggok. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) H. Hadi Mustofa M.Pd (II) H. Syaiful Imam S. Pd. M.Pd Kata Kunci Numbered Heads Together Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Candirejo 04 Kecamatan Ponggok ditemukan permasalahan antara lain metode pembelajaran yang digunakan guru adalah guru menggunakan metode ceramah dan penugasan terlihat siswa merasa bosan siswa tidak dibentuk kelompok kurang adanya keterlibatan siswa secara aktif siswa tidak memiliki buku penunjang LKS guru tidak menggunakan model pembelajaran Hal demikian menyebabkan prestasi belajar siswa rendah dari 12 siswa hanya 3 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dengan presentase KBK sebesar 25%. Alternatif yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui penerapan model Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran PKn dengan menggunakan model Numbered Heads Together pada siswa kelas III SDN Candirejo 04 Kecamatan Ponggok dan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKn melalui model Numbered Heads Together pada siwa kelas III SDN Candirejo 04 Kecamataan Ponggok. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan penelitian ini yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan model Numbered Heads Together pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Candirejo 04 Kecamatan Ponggok. Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar pada pratindakan dengan nilai 53 siklus I dengan nilai 67 dan siklus II dengan nilai 83. Ketuntasan Belajar Klasikal pada pratindakan sebesar 25% siklus I sebesar 58% dan siklus II sebesar 92%. Pembelajaran PKn mengalami peningkatan pada setiap siklus. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together pada pembelajaran PKn kelas III dapat dilaksanakan dengan sangat baik. Pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan serta prestasi belajar siswa meningkat dan dapat mencapai Ketuntasan Belajar Klasikal yang ditentukan. Dengan demikian diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat guna keterlaksanaan proses pembelajaran yang optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5890 |
Actions (login required)
View Item |