Irawati, Lia (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar mata matematika pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pungging-Mojokerto / Lia Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irawati Lia. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Pungging-Mojokerto. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd (II) Saida Ulfa S.T M.Edu Ph.D Kata kunci pembelajaran Numbered Heads Together matematika hasil belajar Proses pembelajaran dan hasil belajar Matematika di SMP Negeri 1 Pungging-Mojokerto diakatan masih rendah karena mata pelajaran Matematika yang dipandang siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Pungging adalah salah satu mata pelajaran yang menakutkan dan menjenuhkan. Sesungguhnya matematika menggunakan tata cara berfikir dan mengolah logika baik secara kuantitatif dan kualitatif dengan mendefinisikan secara cermat jelas dan akurat. Salah satunya pada konsep lingkaran yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dari konsep unsur keliling maupun luasnya. Penemuan konsep dapat dilakukan dengan belajar mandiri dan melakukannya dengan tahap-tahappembelajaran. Pembelajaran matematika yang khususnya pada materi lingkaran sangat dibutuhkan interaksi siswa dan guru yang melibatkan pengembangan pola berfikir dan mengolah logika pada suatu lingkungan belajar yang sengaja diciptakan oleh guru dengan berbagai metode dan media agar program belajar matematika tumbuh dan berkembang secara optimal dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara efisien dan efektif. Model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Togethermerupakan salah satu strategi pembelajaran dimana masing-masing siswa diberi nomor dan kemudian dalam satu kelompok. Pembelajaran Numberd Heads Together mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mengolah mencari dan melaporkan informasi dan beberapa sumber belajar yang akhirnya untuk dipresentasikan. Setiap kelompok dalam pembelajaran diharapkan dapat saling bekerja sama dan tanggung jawab kepada dirinya senidiri maupun kelompoknya. Pembelajaran Numbered Heads Together ini akan lebih meningkatkan kerjasama antar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kualitatif. Rancangan penelitian ini yang digunakan terdiri dari perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Sasaran penelitiannya yaitu kelas VIII yang terdiri dari 29 siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan evaluasi dan dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini bertujuan luntuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep Matematika dengan pembelajaran Numbered heads Together. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkna hasil belajar siswa. Data yang diperoleh yaitu nilai rata-rata kelas pada siklus 1 mencapai 70 84 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 58 61%. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa juga terus meningkat yaitu dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80 09 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 86 2%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pungging-Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/589 |
Actions (login required)
View Item |