Wening, Rahayu Hesthi (2017) The effect of using picture series on students` writing achievement across learning styles / Rahayu Hesthi Wening. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wening Rahayu Hesthi. 2017. Pengaruh Penggunaan Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Siswa lintas Gaya Belajar. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (II) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. Kata Kunci gambar berseri gaya belajar menulis Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan gambar berseri terhadap kemampuan menulis siswa lintas gaya belajar. Efek penggunaan gambar berseri terhadap kemampuan menulis siswa diteliti terlebih dahulu dan pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan menulis siswa diperiksa kemudian. Akhirnya interaksi antara penggunaan gambar berseri dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis siswa dihitung. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual dan auditorial. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menerapkan metode kuasi eksperimental dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kawunganten Cilacap Jawa Tengah pada tahun akademik 2016/2017 yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Perlakuan dilakukan selama 8 pertemuan termasuk pretest dan posttest. Instrumen utama untuk mengumpulkan data berupa tes tulis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Sementara itu sebuah kuisioner digunakan untuk mengklasifikasikan gaya belajar siswa. Karena hasil pretest pada penelitian ini memenuhi asumsi statistik analisis statistik parametrik dalam bentuk ANOVA dua arah digunakan untuk menguji hipotesa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan gambar berseri dan mereka yang diajar tanpa menggunakan gambar berseri (sig. 0 038 sig. 0 05). Artinya siswa yang diajar menggunakan gambar berseri memiliki kemampuan menulis yang lebih baik daripada mereka yang diajar tanpa menggunakan gambar berseri. Akan tetapi tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa visual dan siswa auditorial terhadap kemampuan menulis mereka (sig. 0 438 sig 0 05). Artinya siswa visual tidak memiliki kemampuan menulis yang lebih baik daripada siswa auditorial. Akhirnya hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara penggunaan seri gambar dan gaya belajar terhadap prestasi menulis siswa (sig. 0 024 sig. 0 05). Artinya penggunaan seri gambar dalam pengajaran menulis memiliki interaksi dengan gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gambar berseri efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Selain itu penggunaan seri gambar juga memiliki interaksi dengan gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis siswa. Namun siswa visual tidak memiliki kemampuan menulis yang lebih baik daripada siswa auditorial. Dengan demikian disarankan kepada guru bahasa Inggris untuk memanfaatkan gambar berseri sebagai media pembelajaran dalam pengajaran menulis tidak hanya untuk teks recount tapi juga teks lainnya. Peneliti yang akan datang juga diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai jenis teks kelas tingkat pendidikan atau gaya belajar yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |