Hidayati, Nur Fithroh (2015) Penerapan model example non example dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III SDN 1 Ngulankulon Kabupaten Trenggalek / Nur Fithroh Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hidayati Nur Fithroh. 2015. Penerapan Model Example Non Example Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas III SDN 1 Ngulankulon Kabupaten Trenggalek . Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd (II) H. Syaiful Imam S. Pd M. Pd Kata Kunci prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial model Example Non Example. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti dikelas III diketahui bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPS masih banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Dari 26 siswa hanya 11 siswa yang mendapat nilai di atas sama dengan 75 dan 15 siswa mendapat nilai di bawah 75. Hal ini disebabkan karena saat mengajar guru menggunakan metode lama yaitu ceramah dan penugasan. Hal di atas yang melatarbelakangi diadakannya penelitian tindakan kelas ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan model Example Non Example pada pembelajaran IPS 2)mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelasIII SDN I Ngulankulon Kabupaten Trenggalek. 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah kelasIII SDN I Ngulankulon dengan jumlah siswa 26 anak. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) tes (3) catatan lapangan dan (4) dokumentasi . Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Example Non Example yang dilakukan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I sebanyak 19 siswa dengan presentase 73%telah mencapai ketuntasan sedangkan pada siklus II sebanyak 24 siswa dengan presentase 92% telah mencapai ketuntasan. Dua siswa yang belum tuntas pada pembelajaran ini terkendala dalam menulis dan memahami suatu materi yang disampaikan oleh guru. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan di masyarakat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN I Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Untuk itu diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat guna keterlaksanaan proses pembelajaran yang optimal sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5885 |
Actions (login required)
View Item |