The integration of Islamic values in the English Language Teaching (ELT) in Islamic Higher Education Institution: a case study in STAIN Pamekasan / Shohibul Muttaqien Al-Manduriy - Repositori Universitas Negeri Malang

The integration of Islamic values in the English Language Teaching (ELT) in Islamic Higher Education Institution: a case study in STAIN Pamekasan / Shohibul Muttaqien Al-Manduriy

Al-Manduriy, Shohibul Muttaqien (2017) The integration of Islamic values in the English Language Teaching (ELT) in Islamic Higher Education Institution: a case study in STAIN Pamekasan / Shohibul Muttaqien Al-Manduriy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muttaqien A Shohibul. 2016. Pengintegrasian Nilai-nilai Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Islam Sebuah Studi Kasus di STAIN Pamekasan. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. BambangYudiCahyono M.Pd. M.A. Ph.D. (II) NunungSuryati M.Ed. Ph.D Kata Kunci Pengintegrasian Nilai-nilai Islam Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Islam. Mengintegrasikannilai-nilai Islam belumlazim di dalamkelas Bahasa. Bahasa Inggrisadalah Bahasa yang berasaldariduniabarat. Peradabanduniabarattelahmenghasilkansumberpengetahuan yang tidaksesuaidenganamanat Islam terhadapmanusia kesakralandunia keadilansosial kepentinganumum danmencarikeridhaan Allah. Nilai-nilai Islam padadasarnyaialahkumpulanprinsip-prinsipkehidupan mengajarkanbagaimanamanusiaituharusmenjalanikehidupan. Dalamupayauntukmemenuhitanggungjawab para dosensebagaiseorangmuslim di Sekolah Tinggi Islam merekadihadapkandengan dilemma bagaimanauntukmengintegrasikannilai-nilai Islam kedalampembelajaran Bahasa Inggrismerekadanhalitumenimbulkanpersoalanbesardiantara para dosen Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Islam. Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifstudikasus karenapenelitianinibertujuanuntukmengidentifikasidanmendeskripsikanfenomenakeseluruhandaripengintegrasiannilai-nilai Islam dalampembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Islam. Tempatpenelitianiniadalah STAIN Pamekasan. Sumber penelitianiniadalahduadosen Bahasa inggrisdari STAIN Pamekasan yang mengajarmatakuliah Bahasa Inggris di JurusanPendidikan Agama Islam (PAI) di STAIN Pamekasan. pengumpulan data dilakukandenganwawancara observasi perekaman dandokumentasi. The result revealed that there were three kinds of Islamic values integrated by the English lecturer in STAIN Pamekasan in their English Language teaching. They were spiritual moral and cultural values of Islam that being integrated and taught to the students during the teaching of English Language. There were three ways to integrate the Islamic values by English lecturers in STAIN Pamekasan into their English language teaching HasilPenelitianinimenunjukkanbahwa terdapat tiga jenis nilai-nilai Islam yang di integrasikan oleh para Dosen Bahasa Inggris di STAIN Pamekasan pada pembelajaran Bahasa Inggris mereka. Diantaranya ialah nilai spiritual moral dan budaya di dalam Islam yang diintegrasikan dan di ajarkan kepada siswa ketika pembelajaran Bahasa Inggris. Terdapat tiga cara menintegrasikan nilai-nilai Islam yang dilakukan oleh Dosen Bahasa Inggris di STAIN Pamekasan pada pembelajaran Bahasa Inggris mereka (1) ketikamenyiapkanmateri Bahasa Inggris yang terintegrasidengannilai-nilai Islam denganmempertimbangkanpengetahuan Islam mahasiswadanmencarimateri yang sesuaidengansiswatersebut (2) ketikadalampembelajaran Bahasa Inggris di kelas yang terintegrasidengannilai-nilai Islam denganmenyapamahasiswadengansapaanIslamidanmenanamkanbudaya Islam di antaramahasiswadenganmemisahmahasiswadanmahasiswi (3) ketikamenilaimahasiswadenganmenggunakanaspek Islam sepertiAkhlakulKarimah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58846

Actions (login required)

View Item View Item