Nurcahyasari, Febriyanti (2016) Developing descriptive writing courseware as a supplementary writing materials for tenth grade students / Febriyanti Nurgahyasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurcahyasari Febriyanti. 2016. Pengembangan Courseware Menulis Teks Deskripsi sebagai Materi Tambahan dalam Pelajaran Menulis untuk Siswa Kelas X. Tesis S2 PendidikanBahasaInggris UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Prof. M. Adnan Latief M.A. Ph.D. (2) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata kunci courseware teks deskripsi menulis siswa kelas X Kemampuan menulis teks deskripsi sangat penting sebagai kemampuan dasar yang menunjang pencapaian siswa di level pendidikan berikutnya. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa kelas sepuluh di SMA Brawijaya Smart School Malang mengalami permasalahan dalam menulis teks deskripsi. Meskipun demikian alokasi waktu untuk pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah atas terutama pembelajaran menulis sangat terbatas. Keterbatasan waktu ini membuat siswa perlu untuk belajar secara mandiri di luar jam sekolah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan courseware menulis teks deskripsi sebagai materi tambahan bagi siswa kelas sepuluh dalam belajar menulis teks deskripsi secara mandiri. Dalam mengembangkan produk peneliti mengadaptasi siklus penelitian dan pengembangan oleh Borg dan Gall (1983) dengan desain pembelajaran berbasis multimedia yang dikemukakan oleh Lee dan Owens (2004). Empat tahap penelitian yang dilaksanakan adalah (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk dan (3) evaluasi produk. Prosedur penelitian ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan yang bertujuan untuk menemukan informasi mengenai kebutuhan dan minat siswa. Dalam tahap ini petunjuk wawancara dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian. Tahap pengembangan produk terdiri dari perancangan multimedia pengembangan dan implementasi multimedia dan revisi mandiri. Struktur pembelajaran spesifikasi produk dan kisi-kisi produk didesain dalam tahap perancangan pembelajaran berbasis multimedia. Setiap elemen dalam produk kemudian dikembangkan dan dirakit dalam tahap pengembangan dan implementasi multimedia. Setelah itu produk yang dikembangkan direvisi secara mandiri. Evaluasi produk dilakukan dengan mengimplementasikan validasi ahli revisi produk awal uji coba produk dan revisi produk terakhir. Hasil produk dalam penelitian ini adalah courseware menulis dalam bentuk aplikasi flash. Courseware ini terdiri dari dua bab berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu Describing People sebagai bab 1 dan Describing Places sebagai bab 2. Dalam produk ini pendekatan process-genre diimplementasikan untuk memberi siswa kerangka untuk belajar menulis. Pendekatan ini dicerminkan dalam setiap bab yang terdiri atas Modelling of Writing Language Focus Gudied Writing dan Independent Writing. Produk ini dilengkapi dengan buku siswa untuk menulis teks deskripsi dan buku petunjuk penggunaan untuk memberi informasi kepada siswa mengenai bagaimana menggunakan produk. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa produk ini valid dalam hal isi desain pembelajaran bahasa yang digunakan pertimbangan sosial desain produk huruf gambar suara dan video transisi antar scene instruksi dan kontrol pengguna. Di samping itu hasil uji coba produk mengindikasikan bahwa materi dan instruksi dalam produk mudah dipahami. Siswa dapat memahami struktur teks bahasa yang digunakan dalam teks serta cara menulis teks deskripsi berdasarkan langkah-langkah menulis yang disajikan dalam courseware. Siswa juga mengemukakan bahwa aplikasi ini menarik dari segi teks video audio gambar and layout produk.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58833 |
Actions (login required)
View Item |