Implementing dictogloss procedure using animated stories to improve the ability of eighth graders in writing narrative texts / Fitratul Ahdiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing dictogloss procedure using animated stories to improve the ability of eighth graders in writing narrative texts / Fitratul Ahdiah

Ahdiah, Fitratul (2016) Implementing dictogloss procedure using animated stories to improve the ability of eighth graders in writing narrative texts / Fitratul Ahdiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahdiah Fitratul. 2016. PenerapanProsedurDictogloss menggunakanCeritaAnimasiuntukMeningkatkanKemampuanSiswaKelas VIII dalamMenulisTeksNaratif. Tesis. JurusanPendidikanBahasaInggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. BambangYudiCahyono Ph. D. (II) Prof. UtamiWidiati M. A. Ph. D. Kata kunci prosedurdictogloss ceritaanimasi menulis teksnaratif Penelitianinidilaksanakanuntukmeningkatkankemampuansiswakelas VIII dalammenulisteksnaratifdenganmenerapkanprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasi. Hasiltemuandalampenelitianawal di SMPN 6 MuaraUyamengindikasikanbahwasiswamempunyaimasalahdalammenulisdanmerekajugamemilikimotivasidanapresiasi yang rendahterhadappelajaranbahasaInggris. Olehkarenaitu dengandidukungolehhasiltemuandaripenelitian-penelitiansebelumnyaterkaitpeningkatankemampuanmenulis penulismemilihuntukmenerapkanprosedurDictoglossdanmemodifikasinyadenganmenggunakanceritaanimasisebagaimediapembelajaran yang atraktifdanmenarikdalampengajaranmenulisteksnaratif. Maka rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah bagaimanaprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasimampumeningkatkankemampuansiswakelas VIII dalammenulisteksnaratif Desainpenelitian yang digunakanpadapenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasKolaboratifyangterdiridariPlanning Acting Observing danReflecting. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus and seorangkolaboratorbekerjabersamapenelitidalammenyusunskenariopembelajaran yang memuatstrategiprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasidalamrencanapembelajaran mengamatidanmerefleksikanpenerapanstrategi. Subyekpenelitianiniadalah 29 siswakelas VIII SMPN 6 MuaraUyatahunpelajaran 2015/2016. TemuandipenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasitelahberhasilmeningkatkankemampuansiswadalammenulisteksnaratif. HasiltesmenulispadaakhirSiklus 2 menunjukkanbahwamayoritassiswa (93 10%)mampumeningkatkannilaimenulismerekadenganmemperolehpaling tidak10 poindarihasiltespadapenelitianawaldankemampuanmenulissiswasecaraumummeningkatdarikategoriPoor (buruk) keGood (baik). Selainitu keterlibatansiswadalamproses pembelajaransangatbaik (96 65%) danpenerapanstrategiinimendapatkanresponpositif (90 47%) darisiswa. PeningkatankemampuansiswadalammenulisteksnaratifinidimungkinkandenganpenerapanprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasi yang mengikutiempattahapanprosedurDictogloss yaitu(1) Preparation (melibatkansiswadalammencari kata-kata terkaitceritaanimasidanmelatihpelafalannya) (2) Dictation (memintasiswauntukmenontondanmencatat kata-kata dariceritaanimasi) (3) Reconstruction (memintasiswauntukmenuliskembalicerita yang telahditontondenganmenuliskolaboratif) dan (4) Analysis and Correction (memintasiswauntukmenganalisatulisangrup lain danmengoreksitulisangrupmerekasendiri). ProsedurDictoglossdalampenelitianinidiselesaikandalamduapertemuandantigaprosedurDictoglossdiselesaikan di setiapsiklus. Berdasarkanhasilpenelitianini prosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasidisarankanuntukdigunakanoleh guru-guru lain yang barangkalimengalamimasalahserupadalampraktikpengajaranbahasaInggris terutamapadatingkatpendidikan yangsama.Peneliti-penelitiberikutnyajugadidoronguntukmengeksplorasilebihjauhpotensistrategiinipada genre teks yang berbedaditingkatanpendidikan yang lain dan/ataudalamkemampuanbahasaInggris yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58824

Actions (login required)

View Item View Item