Implementing snowball throwing technique using picture information gap to improve the students' vocabulary mastery / Siti Maisyaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing snowball throwing technique using picture information gap to improve the students' vocabulary mastery / Siti Maisyaroh

Maisyaroh, Siti (2016) Implementing snowball throwing technique using picture information gap to improve the students' vocabulary mastery / Siti Maisyaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maisyaroh Siti. 2016. Menerapkan Teknik Snowball ThrowingdenganMenggunakan KesenjanganInformasiBergambar untuk MeningkatkanPenguasaan Kosa Kata Siswa.Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A (2) Dr. Johannes Ananto Prayogo M. Pd. M. Ed. Kata Kunci Teknik Snowball Throwing KesenjanganInformasiBergambar Penguasaan Kosa kata Kosa Kata adalah sangat penting dalam pengajaran bahasa karena merupakan unsur/dasar utama dan langkah awal yang harus dikuasai dalam pengembangan kemampuan bahasa yang baikdalam pelajaran bahasa (mendengarkan berbicara membaca danmenulis).Penelitian awal terhadap siswa menunjukkan bahwa sebagian dari siswa masih pemula dalam belajar Bahasa Inggris memiliki motivasi yang rendah dalam belajar Bahasa Inggris dan rendah dalam menguasai kosa kata.Denganpenerapanteknik snowball throwingmenggunakankesenjanganinformasibergambardapatmenjadisolusidan meningkatkanpenguasaan kosa kata padasiswa. Penelitian ini menggunakan rancanganpenelitian tindakan kelas.Subjek dari penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas 7 tahun pelajaran 2015/2016. Perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksidilaksanakandalamsatusiklusdimanaterdiridari 5 pertemuan 4 pertemuan untuk penerapan strategy dan 1 pertemuan untuk pelaksanaan tes kosa kata. Data penelitian diambil dari beberapa instrumen yaitu tes kosa kata lembar observasi catatan lapangankuisioneruntuksiswa. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan strategy iniberhasilmeningkatkan penguasaan kosa kata pada siwa kelas 7. Data yang diperolehdariteskosa kata siwamengindasikanbahwastrategiinimeningkatkanpenguasaankosa kata padasiswadenganpeningkatannilai rata-rata dari tes kosa kata sebesar 33.69 poin yang mulanya 59.72 menjadi 93.41 setelahpenerapanstrategiini. Iniberarti 97% siswa telah mencapai kriteria sukses sebelum penerapanhanya 66.7% siswa yang dapat mencapai KKM yaitu 75. Berdasarkan hasil angket siswa dan lembar observasi semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Peningkataniniterjadikarenapenerapanstrategiinitelahdilaksanakanpeneliti (1) guru memberikan setiapkelompoklembaran kertas yang berisi gambar benda-benda (2) guru meminta mereka untuk menemukan kosakata BahasaInggris dari gambar benda-benda tersebut di dalam kamus (3) guru memberikan contoh pengucapannya dan juga contoh penggunaannya dalam kalimat sederhana dan teks transaksional (4)siswa memparaktekkan snowball throwing dengan menggunakan kesenjangan informasi bergambar di dalam kelompok langkah 1 setiap kelompok diberikan sebuah bola yang berisi gambar ruangan. Di dalam putaran setiap siswa mengambil satu gambar dari dalam bola dan menyebutkan tiga benda yang berada di dalam ruangan tersebut berdasarkan gambar dan anggota yang lain akan menebak gambar tersebut. Langkah 2 setiap kelompok diberikan sebuah bola yang berisi gambar benda. Di dalam putaran setiap siswa mengambil satu gambar sedangkan anggota yang lain nya akan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai gambar tersebut. Langkah 3 setiap kelompok diberikan sebuah bola yang berisi gambar aktivitas. Di dalam putaran setiap siswa mengambil satu gambar dari dalam bola dan kemudian membuat kalimat berdasarkan gambar tersebut. (5) guru menunjukkan slide-slide gambar menggunakan proyektor didepan kelas dan mengajak siswa untuk menyebutkan kosa kata yang telah mereka pelajari. Kesimpulannya penggunaan teknik snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengingat kosa kata. Teknik ini juga mendorong siswa menjadi aktif di dalam kelasdan juga dapat memancing mereka lebih berfikir dan berbicara mengenai banyak kosa kata.Mereka menunjukkan kerjasama yang baik dalam kelompok.Strategi ini dianjurkan untuk guru Bahasa Inggris sebagai salah satu strategi alternatif dalam mengajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat kosa kata dengan cara yang menyenangkan menggembirakan danmudah untuk belajar.Temuan penelitian ini juga dapat menjadi referensi yang potensial bagi peneliti berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58820

Actions (login required)

View Item View Item