Santoso, Ade Agil (2016) Increasing the vocabulary of the VII grade students of SMP Negeri 2 Kersana-Brebes using cartoon videos through scientific method / Ade Agil Santoso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Santoso Ade Agil. 2016.MeningkatkanKosakataSiswaKelas VII SMP Negeri 2 Kersana-BrebesMenggunakan Video KartunMelaluiMetodeSaintifik.Tesis PendidikanBahasaInggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. BambangYudiCahyono Ph.D. (II) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata Kunci Kosakata Video Kartun Metode Saintifik. Pengajaran kosakata pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya kelas VII harus dilakukan dengan baik. Sayangnya para guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Kersana-Brebes telah melalaikannya. Fakta ini tercermin melalui hasil tes kosakata yang tidak memuaskan pada penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti terhadap 36 siswa kelas VII A. Ini jelas bahwa masalah utama yang dihadapi para siswa dalam memahami wacana adalah kurangnya kosakata.Oleh karena itu peneliti mencoba untuk menyelidiki kemungkinan dari penggunaan video kartun melaluimetodesaintifikuntuk meningkatkan prestasi kosakata para siswa. Keuntungan dari penggunaan video kartun dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris adalah anak-anak menikmati pembelajaran bahasa dengan video kartun video kartun merupakan sebuah cara efektif dalam mempelajari bahasa tubuh dan anak-anak menambah kepercayaan diri melalui pengulangan. Penelitian inimenggunakan Penelitian Tidakan Kelas Kolaborasi yang meliputi proses merencanakan tindakan melaksanakan tindakan mengamati penerapan dan merefleksi hasil penerapan. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kersana-Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Perangkat penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes kosakata catatan lapangan ceklis pengamatan dan kuesioner. Materi ajar yang digunakan merujuk pada silabus Kurikulum 2013 pada semester kedua dan topik yang dibahas adalah Jenis-jenis Profesi Tempat-tempat Bekerja dan Tugas Profesi beserta simple present tense sebagai pengayaan materi. Berdasarkan hasil tes kosakata pada siklus 1 menunjukkan36 siswa kelas VII A (100%) berhasil memenuhi kriteria keberhasilan bahkan lebih. Nilai rata-rata mereka yaitu 87 66. Langkah-langkahdalam strategi pembelajaran meliputi (1) mengamati video kartun dan teksnya (2) melafalkan kosakata (3) mencatatkosakataasing yang ditemukanpada video kartundankemudianmembahasnyabersama (4)menuliskosakataberdasarkan video kartun (5)melengkapi dialog dengankosakata yang tepatberdasarkanpotongan video kartun (6) menyalinkalimat (7) membuatkalimat yang lain denganmenggunakanpola yang sama (8) mempraktekkan dialog menggunakan video kartuntanpasuaradanteks secara berpasangan (9) membuatsebuah dialog secaraindividu. Lebihdari 30 siswa ( 80%) memberi tanggapan positif setelah penerapan video kartunmelaluimetodesaintifik. Berdasarkan hasil penelitian diatas ini dianjurkan bahwa video kartun dapat digunakan sebagai sebuah solusi untuk pengajaran kosakata bahasa Inggris yang lebih baik. Ini juga dianjurkan bagi para peneliti selanjutnyauntuk melakukan penelitian yang sama pada permasalahan yang sama ataupun berbeda tetapi pada tingkat atau kelas yang berbeda di setting yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |