EFL teachers' perception of university students' motivation and ESP learning achievement / Veri Hardinansyah Dja'far - Repositori Universitas Negeri Malang

EFL teachers' perception of university students' motivation and ESP learning achievement / Veri Hardinansyah Dja'far

Dja'far, Veri Hardinansyah (2016) EFL teachers' perception of university students' motivation and ESP learning achievement / Veri Hardinansyah Dja'far. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dja far V. H. 2016. Persepsi GuruBahasa Inggris terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd M.A Ph.D. (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata Kunci Persepsi dosen Motivasi Mahasiswa Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dosen terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada Bahasa Inggris untuk tujuan khusus (English for Specific Purposes-ESP). Penelitian inimendeskripsikan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan perspektif dosen. Selanjutnya penelitian inimendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh dosen berdasarkan persepsi mereka terhadap motivasti dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan melibatkan 204 mahasiswa yang menempuh matakuliah Bahasa Inggris Ekonomi dan Bisnis. Mereka tersebar dalam enam kelas dan tiga jurusan di fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. PSM (Perception of Student Motivation) kuesioner dan tes dalam bentuk pilihan ganda digunakan secara berurutan untuk mengukur motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada kelas ESP. Kemudian dosen diminta untuk menunjukkan nilai siswa dari hasil ujian tengah semester sebagai pendukung jawaban mereka. Skor yang diberikan oleh dosen digunakan sebagai dasar klasifikasi tingkat motivasi Tinggi Sedang dan Rendah. Selanjutnya hanya kelompok motivasirendah dan tinggi yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen Bahasa Inggris mendeskripsikansecara umum mahasiswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar terbukti cukup kuat berkaitan dengan prestasi belajar mahasiswapada kelompok motivasi rendah dan tinggi. Namun terbukti adanyaperbedaan yang berarti pada motivasi dan prestasi belajar mahasiswa dalam membaca dan menulis pada aspek pembelajaran ESPantara kelompok motivasi rendah dan tinggi. Selanjutnya strategi yang dilakukan dosen dalam menanggapi persepsi mereka terhadap motivasi dan prestasi mahasiswa dijelaskan secara komprehensif. Berdasarkan temuan diatas ada beberapa saran untuk peneliti yang lain. Pertama perlu dilakukan penelitian korelasional atau eksperimental pada motivasi dan prestasi belajar antar tingkat pada jurusan yang sama. Kedua perlu dilakukan peyelidikan jenis motivasi yang secara dominan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Terakhir penelitian yang komprehensif dapat dilakukan dari dua perspektif baik dari sudut pandang dosen dan mahasiswa untuk mengeksplorasi motivasi dan prestasi siswa di kelas ESP (English for Specific Purposes) dengan cara melibatkan peserta yang lebih besar menggunakan instrument yang lebih lengkap dan menghubungkan motivasi dan prestasi belajar dengan variabel yang lain. Selain itu wawancara dan observasi kelas sangat ideal dilakukan untuk mengeksplorasi persepsi dosen yang berpengalaman. Saran selanjutnya ditujukan kepada para dosen. Dosen disarankan untuk mengaplikasikan strategi motivasi belajardalam pembelajaranESP karena strategi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58802

Actions (login required)

View Item View Item