Fuadah, Lutfi Amaliya (2016) Using Modified Collaborative Strategic Reading (MCSR) to improve the reading comprehension ability of the eighth graders of SMPN 1 Borobudur / Lutfi Amaliya Fuadah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fuadah Lutfi Amaliya. 2016. Penggunaan Strategi Membaca Kolaboratif Termodifikasi (SMKT) untuk meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman siswa kelas 8 SMPN 1 Borobudur. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Arwijati Wahyudi Dip. TESL. M.Pd. Kata Kunci strategi membaca kolaboratif termodifikasi (smkt) pemahaman membaca ketrampilan membaca Sebagai sebuah ketampilan bahasa yang penting ketrampilan membaca seharusnya dikuasai oleh para siswa karena hal tersebut memiliki andil yang besar pada pencapaian akademis mereka. Namun peneliti menemukan beberapa kesulitan yang berkaitan dengan ketrampilan membaca pemahaman yang dihadapi oleh siswa kelas 8 SMPN 1 Borobudur yaitu menentukan informasi tersirat dan tersurat memahami makna kata-kata sulit menemukan ide utama dan menentukan topic dari teks. Oleh karena itu penelitian ini menerapkan Strategi Membaca Kolaboratif Termodifikasi (SMKT) untuk menyelesaikan masalah tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana SMKT bisa meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman dari siswa kelas 8 SMPN 1 Borobudur Penelitian ini ditujukan pada penerepana SMKT untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca dari siswa kelas 8 SMPN 1 Borobudur. Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif digunakan sebagai desain penelitian yang mencakup Perencanaan Penerapan Pengamatan dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Partisipan dari penelitian ini adalah 32 siswa kelas 8 SMPN 1 Borobudur tahun ajaran 2015/2016. Data-data dikumpulkan dari test membaca pemahaman catatan lapangan lembar pengamatan dan kuesioner. Kriteria kesuksesan dari penelitian ini mencangkup nilai membaca keterlibatan dan respon siswa. Penerapan dari strategi ini mencakup 4 langkah. Langkah-langkah dari strategi tersebut adalah sebagai berikut (1) Preview (meminta siswa untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan gambar dan meprediksi topik teks) (2) Click and Clunk plus Context Clues Map (meminta siswa untuk membaca teks dan mengidentifikasi clunk dengan Context Clues Map (3) Get the Gist (meminta siswa untuk menemukan ide pokok dan informasi paling penting dari teks) (4) Wrap Up (meminta siswa untuk membuat pertantaan dan jawaban). Penelitian ini membuktikan bahwa 4 langkah-langkah dai MCSR membantu siswa untuk mencapai kriteria kesuksesan. Ini dibuktikan dari data yang menunjukan bahwa 83 3% atau 10 siswa dari nilai kelompok atas meningkat paling sedikit 5 poin dan 85% atau 17 siswa dari nilai kelompok bawah berhasil meningkat 10 poin. Keterlibatan siswa selama penerapan strategi mencapai 84 5% dan respon positif mereka mencapai 94 55%. Untuk Guru bahasa Inggris peneliti menyarankan untuk menerapakan SMKT di kelas membaca mereka untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahamanan para siswa dan mengatasi masalah yang berkaitan dengan kemapuan membaca mereka. Untuk para peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang sama di level siswa dan jenis teks yang berbeda untuk memperkuat teori bahwa SMKT mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58798 |
Actions (login required)
View Item |