Walusi, Wawan (2016) Improving the speaking ability of the ninth graders of SMPN 7 Binamu Jeneponto South Sulawesi using numbered head together strategy / Wawan Walusi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Walusi Wawan. 2016. Peningkatan Kemampuan Berbicara padaSiswa KelasSembilan SMPN 7 BinamuJeneponto Sulawesi SelatandenganmenggunakanStrategi Numbered Head Together. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana- Universitas Megeri Malang Pembimbing (1) Prof. Drs. BambangYudiCahyono M.Pd M.A. Ph.D. (2) Dr. Johannes AnantoPrayogo M.Pd. M.Ed. Keywords KemampuanBerbicara Numbered Head Together Penelitianinimengkajipeningkatankemampuanberbicarasiswakelas9 SMPN 7 BinamuJeneponto Sulawesi Selatan. Berdasarhasilpenelitianpermulaan diketahuibahwasiswakelas VIII memilikimasalahberbicarabahasaInggrisdenganbenar merekaberbicaradengantidakpercayadiridanperhatian yang kurangketikapelajaranberlangsung. Masalahtersebutmempengaruhikemampuanberbicaramereka. Olehkarenaitu penelititermotivasiuntukmengatasimasalahtersebutdenganmenerapkanstrateginumber head together. Penelitianinidimaksudkanuntukmemberikanpenjelasanbagaimanastrateginumbered head togetherdapatmeningkatkankemampuanberbicaradalamungkapan-ungkapantransaksionalpadasiswakelas 9 SMPN 7 BinamuJeneponto Sulawesi Selatan. PenelitimenggunakandesainPenelitianTindakanKelaskolaboratifkarenapenelitidibantuolehseorang guru bahasaInggris. Prosedurpenelitianterdiridariempatlangkahutama perencanaan pelaksanaan observasi danrefleksi. Untukmengumpulkan data penelitimenggunakanbeberapainstrumenyaituteslisan observasi catatankegiatan dankuisioner. HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategiNHTmampumeningkatkankemampuanberbicarakelas 9SMPN 7 BinamuJeneponto Sulawesi Selatan. Berdasarkan data padasiklus 1 bahwadari 24 siswa hanya 15 siswa (63%) yang mencapaikriteriaketuntassan. Padasiklus 2 terdapat 23 siswa (88%) yang mencapaikriteriaketuntassan.Disampingitu strategiNHTmampumeningkatkanpartisipasisiswadalam proses pembelajaran. Padasiklus 1 terdapat 22 siswa (95.8%) berpartisipasiaktifdalampembelajarandanhalinimeningkatpadasiklus 2 bahwaterdapat 23 siswa (96%) berpartisipasiaktifdalam proses pembelajaran. Berkaitandenganresponsiswa padasiklus 1 terdapat 20 siswa (84%) yang memberikantanggapanpositifdanhalinimeningkatsetelahsiklus 2 dilaksanakan bahwaterdapat 21 siswa (87%) yang memberikantanggapan yang positifterhadappenerapanstrategi NHT. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwastrateginumbered head together yang sesuaidenganpengajaranberbicaradalambahasaInggrismeliputilangkah-langkahsebagaiberikut (1) Penomoranataumemberikannomorpadasetiapsiswa (memintasiswamembentukgrup yangterdiridari 4 orang siswa grupdisusunsecaraheterogen danmemberikannomorpadasetiapsiswa) (2) Memberikanmasalahkepadasiswa (memberikanmateri contoh-contohdanlatihansoal) (3) Memintasiswaberdiskusiuntukmenyelesaikanmasalah (memintasiswauntukberdiskusi berlatihdanmenjawabmenjawabpertanyaanberdasarpadahasildiskusikelompok) dan (4) Memanggilnomorpadasiswa (memanggilnomorsiswasecaraacak memintasiswamenjawabpertanyaandanmemintasiswauntukberdialok). Berdasarkanhasilpenelitianini para guru bahasaInggris yang memilikimasalah yang samadalampengajarandanpembelajaranberbicaradisarankanuntukmenerapkanstrateginumbered head togetherdalammengatasimasalah-masalahsiswadankemampuanberbicarasiswa. Hal inijugadisarankankepadapeneliti-penelitiselanjutnya darihasilpenelitianinibisamenjadirujukan yang baiksebagaistrategiuntukmengajarberbicarabahasaInggrisdanbisadigunakanpadakelaspendidikan yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |