Analisis keterpaduan muatan buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV semester 2 tema Pahlawanku / Danas Budhi Arto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterpaduan muatan buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV semester 2 tema Pahlawanku / Danas Budhi Arto

Arto, Danas Budhi (2015) Analisis keterpaduan muatan buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV semester 2 tema Pahlawanku / Danas Budhi Arto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arto Danas Budhi. 2015. Analisis Keterpaduan Muatan Buku Tematik Terpadu Untuk Siswa Kelas IV Semester 2 Tema Pahlawanku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suwarti S.Pd M.Pd. (2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata kunci keterpaduan integrasi muatan kurikulum 2013 12288 12288 12288 12288 Secara umum model pembelajaran tematik yang digunakan di Indonesia terdapat 3 model antara lain model keterkaitan model jaring laba-laba dan model keterpaduan yang mana ketiga model tersebut dikembangkan oleh Fogarty (1991). Sebagai langkah untuk pengembangan kurikulum 2013 model keterpaduan (integrated model) yang digunakan sebagai rujukan untuk mengembangkan kurikulum 2013 yang berbasis tematik terpadu. Untuk itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterpaduan muatan buku tematik terpadu kelas IV pada setiap pembelajaran berdasarkan model keterpaduan yang terdapat di subtema 1 (perjuangan para pahlawan) subtema 2 (pahlawanku kebanggaanku) dan subtema 3 (sikap kepahlawanan). 12288 12288 12288 12288 Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu berupa dokumen buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV tema pahlawanku keluaran Kemdikbud. Adapun proses analisis data dilakukan melalui 3 tahap antara lain dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian atau pemaparan data dan tahap verifikasi data atau penemuan penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini ditemukan persentase keterpaduan subtema 1 sebesar 89 7% dengan kriteria baik di mana setiap pembelajaran secara umum seluruh indikator sudah sesuai dengan subtema serta pada integrasi muatan setiap pembelajaran memadukan 3 muatan. Subtema 2 memiliki tingkat keterpaduan 91 7% dan subtema 3 memiliki tingkat keterpaduan 90 9% dengan kriteria sangat baik. Pada setiap pembelajaran kedua subtema secara umum seluruh indikator sudah sesuai dengan subtema serta pada setiap pembelajaran di subtema 3 sudah memadukan 4 muatan dan di subtema 3 memadukan 3 muatan. Dari ketiga subtema rata-rata persentase keterpaduan buku siswa tema pahlawanku memiliki persentase keterpaduan sebesar 90 7% dengan kriteria sangat baik di mana seluruh indikator pada setiap pembelajaran sudah sesuai dengan subtema serta pada setiap pembelajaran secara rata-rata memadukan 3 muatan. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulannya bahwa integrasi muatan pada buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV pada subtema 1 dan 3 memiliki kriteria baik sedangkan subtema 2 memiliki kriteria sangat baik. Dengan adanya temuan ini disarankan untuk pengembang buku dalam mengkaitkan muatan tidak sekedar antar 1 muatan tetapi seluruh bidang muatan saling terkait serta menambahkan 1 muatan pada beberapa pembelajaran yang masih terdapat 3 muatan dan untuk peneliti berikutnya disarankan untuk meneliti keterpaduan tema-tema yang lain melalui pengembangan teknik dan instrumen penelitian yang beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5878

Actions (login required)

View Item View Item