Socio-affective of an ideal English teacher as expected by stakeholders / Nurrahma Sutisna Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Socio-affective of an ideal English teacher as expected by stakeholders / Nurrahma Sutisna Putri

Putri, Nurrahma Sutisna (2016) Socio-affective of an ideal English teacher as expected by stakeholders / Nurrahma Sutisna Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Nurrahma Sutisna 2015. Karakter Sosio-afektif Guru Bahasa Inggris Ideal yang Diharapkan oleh Pemegang Kebijakan. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Pembimbing (I) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata Kunci karakter sosio-afektif guru Bahasa Inggris ideal pemegang kebijakan Guru Bahasa Inggris adalah sumber terdekat siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Mereka dianggap sebagai pihak yang memiliki keahlian dalam mengimplementasikan kegiatan yang dianggap perlu di dalam kelas seperti memberikan pujian bagi siswa memberikan umpan balik yang positif terhadap kesalahan siswa dan meredam kecemasan siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu guru memegang peranan penting di dalam kelas. Mereka diharapkan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti komunitas sekolah yang melingkupi kepala sekolah dan rekan sejawat. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif desain karena bertujuan untuk menggambarkan karakter sosio-afektif guru Bahasa Inggris ideal seperti yang diharapkan oleh kepala sekolah guru Bahasa Inggris dan siswa. Terdapat dua sekolah menengah atas yang menjadi tempat dilaksanakannya penelitian ini dimana mereka dipilih berdasarkan akreditasi A yang dimiliki karena peneliti berasumsi bahwa sekolah yang bagus memiliki responden yang memiliki persepsi yang mendalam pula. Sekolah pertama adalah sekolah negeri yakni SMAN 8 Malang dimana sekolah yang kedua adalah sekolah menengah swasta yakni SMA Panjura Malang. Dari masing-masing sekolah terdapat 5 responden yakni kepala sekolah 2 guru Bahasa Inggris dan 2 siswa. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yakni checklist berisi item karakter sosio-afektif guru Bahasa Inggris yang ideal dimana responden diminta memilih 10 (sepuluh) item yang diharapkan dimiliki seorang guru Bahasa Inggris ideal. Dari item sosio-afektif yang telah dipilih responden melalui checklist peneliti mengumpulkan data lebih dalam menggunakan instrumen wawancara. Data pertama yang diperoleh melalui checklist dianalisa menggunakan frekuensi dan melihat persamaan item sosio-afektif yang dipilih responden. Sementara itu data kedua yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan responden dianalisa menggunakan naming kemudian mencatat hasil wawancara dengan semua responden. Terdapat beberapa temuan dalam penelitian ini. Pertama terdapat 6 karakter sosio-afektif dari seorang guru Bahasa Inggris ideal yang dipilih oleh dua kepala sekolah yakni menghargai pendapat orang lain berperilaku baik memiliki kepribadian terpercaya dan menyenangkan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris dan memahami masalah siswa dan siap menyelesaikannnya. Dapat disimpulkan bahwa karakter sosio-afektif yang dipilih terutama berkaitan dengan harapan kepala sekolah kepada guru secara umum. Kedua berkaitan dengan harapan guru Bahasa Inggris terdapat 2 karakter sosio-afektif yang diharapkan yakni menunjukkan kepribadian yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Adapun karakter sosio-afektif yang dipilih oleh guru Bahasa Inggris berkaitan erat dengan profesionalitas dan kegiatan pedagogik yang dialami sehari-hari di dalam kelas. Ketiga berkaitan dengan karakter sosio-afektif yang dipilih oleh siswa terdapat satu item yang dipilih oleh semua responden yakni membantu siswa meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar Bahasa Inggris. Selain itu terdapat dua karakter sosio-afektif yang dipilih oleh 4 siswa dimana guru Bahasa Inggris ideal harus meredam kecemasan siswa dalam belajar Bahasa Inggris dan menunjukkan kepercayaan pada kemampuan siswa. Karakter sosio-afektif yang dipilh oleh siswa menunjukkan bahwa siswa sangat menghargai hubungan yang terjalin baik antara guru dan siswa. Untuk sekolah negeri sebagai tempat dilaksanakannya penelitian ini ditemukan bahwa semua responden berharap guru Bahasa Inggris ideal untuk menunjukkan kepribadian yang menyenangkan. Untuk sekolah swasta dapat disimpulkan bahwa 4 responden berharap guru Bahasa Inggris ideal untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa item sosio-afektif dari Park dan Lee (2006) adalah item yang paling banyak dipilih oleh responden. Terakhir peneliti mengajukan beberapa saran kepada pemegang kebijakan dan pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian ini. Kepada kepala sekolah diharapkan untuk memiliki pengetahuan tidak hanya mengenai kompetensi personal dan sosial guru secara umum namun juga guru Bahasa Inggris secara spesifik. Kepala sekolah juga diharapkan untuk memberi arahan guru Bahasa Inggris untuk memiliki karakter sosio-afektif yang diharapkan siswa dikarenakan Bahasa Inggris masih menjadi salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Untuk guru Bahasa Inggris yang menjadi fokus penelitian ini diharapkan mampu memiliki karakter sosio-afektif yang diharapkan oleh pemegang kebijakan dan pihak yang berkaitan. Berkaitan dengan temuan dan pembahasan penelitian ini guru Bahasa Inggris diharapkan memiliki kepribadian yang menyenangkan agar siswa mampu mendekati sehingga siswa mampu belajar banyak dari guru Bahasa Inggris dan tidak sungkan. Guru Bahasa Inggris juga diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas dengan bekerjasama dengan kepala sekolah dan rekan sejawat. Untuk pihak pengembang kurikulum pendidikan guru Bahasa Inggris penelitian diharapkan mampu menjadi standar dalam mengembangkan karakter sosio-afektif guru Bahasa Inggris dalam program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Untuk peneliti lain yang tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai karakter sosio-afektif guru Bahasa Inggris baik kompetensi personal interpersonal maupun sosial diharapkan untuk meneliti lebih dalam mengenai efek hubungan guru Bahasa Inggris-siswa terhadap prestasi siswa dalam Bahasa Inggris dikarenakan belum penelitian dalam bidang tersebut belum banyak mendapat perhatian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58777

Actions (login required)

View Item View Item