Anxiety, motivation, self-efficacy and gender in Indonesian ELT context / Tantri Widyaninggar - Repositori Universitas Negeri Malang

Anxiety, motivation, self-efficacy and gender in Indonesian ELT context / Tantri Widyaninggar

Widyaninggar, Tantri (2016) Anxiety, motivation, self-efficacy and gender in Indonesian ELT context / Tantri Widyaninggar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyaninggar Tantri. 2015.Kecemasan Motivasi EfikasiDiridan GenderpadaKonteksPembelajaranBahasaInggris di Indonesia.Tesis.JurusanPendidikanBahasaInggris Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. BambangYudiCahyono M.Pd. M.A. Ph.D. (II) Prof. UtamiWidiati M.A. Ph.D. Kata Kunci kecemasan motivasi efikasidiri gender Pemberianperhatianlebihpadavariable-variable pelajardanhubungan di antara variable-variable tersebut demi kelancaran proses belajar-mengajarmerupakanhal yang penting. Variable-variabelafektifsepertiperilaku orientasi kecemasan danmotivasisamapentingnyadengankecerdasanbahasauntukmemprediksipencapaianbahasakedua. Kecemasandanmotivasimemilikiperanpentingpadahasilpembelajaranbahasa sementaraitu keduanyaberhubunganeratdengan level efikasidiripadasiswa. Bersamaandengan variable-variabel yang disebutkandi atas perbedaan genderjugaakanditelitipadapenelitianini. Penelitiankuantitatifdeskriptif in diadakan di SMAN I GondangTulungagungmenyertakan 100 siswadansiswi.Para siswadansiswitersebutberasaldarikelas XI.Merekadimintauntukmengisikuisioner.Kuisionertersebutterdiridari 3 macamkuisioneryaituskalakecemasanberbahasaasing skalaorientasipembelajaranbahasadanskalaefikasidiri. Data yang diperolehdarikuisionerkemudiaakanditelitilebihlanjutmengguanakan IBM SPSS. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasemakintinggi level motivasisiswasemakinrendahlah level kecemasannya. Padapenelitianinijugaditemukanbahwaemosinegatiflebihseringmunculkarenasiswadengankecemasan yang tinggidanmotivasi yang rendahmerasatidakmampuutukmeraihtujuandanataumenjadidepresi.Sangatmungkindisebutkanbahwaefikasidiriberhubungankepercayaanmotivasisecaraadaptif sepertiketertarikan nilai sertaalatsebagaireaksiafektifsertabehubungansecara negative terhadapemosi negative.Penelitianinijugamenemukanbahwaperbedaanjeniskelaminmemilikidampak yang besarterhadap proses pembelajaranbahasaasing. Studiinihanyamenelitivariable afektifdarisiwa di SMAN I GondangTulungagungdenganmengguanaknkuisioner.Makadariitu penelitian yang lebihluasmasihperludilakukan demi memberikanlebihbanyakkontribusimengenaiilmuseputarefekdarikonstruksipsikologipadaaplikasipembelajaranBahasaInggris di Indonesia.Guru BahasaInggrisdiharapkanuntukmenciptakansuasanakelas yang kondusifuntukmengurangitingkahlakunegatifsertameningkatkantingkahlakupositif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58761

Actions (login required)

View Item View Item