Ermawati, Neni (2015) Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis deskripsi di kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar / Neni Ermawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ermawati Neni. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Menulis Deskripsi di Kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci keterampilan menulis deskripsi 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar dalam pembelajaran keterampilan menulis ditemukan permasalahan sebagai berikut (1) guru tidak menggunakan media (2) guru dominan menggunakan metode ceramah (3) guru tidak memberikan contoh langsung sebuah karangan deskripsi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan menulis deskripsi di kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis melalui menulis deskripsi di Kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dijaring dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan menulis deskripsi dalam pembelajaran menulis dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Aktivitas guru yaitu pada siklus I sebesar 83 5% meningkat menjadi 98% pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu 77 5% pada siklus I meningkat menjadi 97% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat yaitu pada saat pratindakan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 17% meningkat menjadi 65% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 95% pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan menulis deskripsi dalam pembelajaran menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi guru hendaknya menggunakan RPP menggunakan metode yang bervariasi dan menggunakan media. Hal tersebut bertujuan agar kelas dapat dikelola dengan baik. Sehingga siswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru dengan memberikan perhatian penuh kepada guru. Karena pada dasarnya keberhasilan kelangsungan pembelajaran merupakan tanggung jawab guru. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5876 |
Actions (login required)
View Item |