Prasetyaningsih, Rahayu (2015) The relationship between metacognitive knowledge and metacognitive experience and reading comprehensian ability / Rahayu Prasetyaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyaningsih Rahayu. 2015. HubunganantaraPengetahuandanPengalamanMetakognitifdenganKemampuanMemebacaPemahaman.Tesis PengajaranBhaasaInggris PascasarjanaUNiversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. EkaningDewantiLaksmi M.Pd. M.A. (II) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata Kunci PengetahuanMetakognitif PengalamanMetakognitif KemampuanPemahamanMemebaca. Sebagaibagian darikemampuan bahasa membacamenjadi salah satuhal penting yang harusdikuasai dalam rangkauntuk memenuhikebutuhanpendidikandiseluruhdunia. Tujuan dari penelitianiniadalahuntuk mengetahuihubungan antara PengetahuandanPengalamanMetakognitifdengankemampuan membaca pemahaman. DuapuluhenammahasiswadariUniversitasKanjuruhan di Malang berpartisipasisebagaisampeldalampenelitianini.Merekaadalahmahasiswa semester empat yang mengambilmatakuliah Reading 4.Diberikan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan Reading tes.Pengambilan data dilakukanselamaduahari.Untuksetiapharinya mahasiswadimintamengisikuesionerselama 10 menit.Kemudian merekadimintauntukmemebacateksdanmenjawablimapertanyaanuntukmasing-masingnyaberdasarkantekstersebut. Untukmenemukanhubunganpadabeberapa variable data yang diperolehdianalisismenggunakananalisiregresibergandadengan SPSS.22. Hasildaripenelitianiniterungkapbahwaadahubungan yang signifikanantarapengetahuandanpenglamanmetakognitifdengankemampuanmemebacapemahaman. Sepertihasildaripenelitiansebelumnyadanbeberapaliteratur pengetahuanmetakognitifsecarasignifikanberhubungandengankemempuanpemahamanmemebaca (0.694) coefficient 946 danpengalamanmetakognitifsecarasignifikanberhubungandengankemepuanpemahamanmemebaca (0 399) coefficient 946 . Memepertimbangkanhubungan yang lebihtinggiantarakedua variable prediktorterhadapkemempuanmemebacapemahaman pengetahuanmetakognitifmemeilikihubungansecarasignifikanlebihtinggiterhadapkamampuanpemahamanmemebaca (0.630) coefficient 946 daripadapengalamanmetakognitif (0.342) coefficient 946 . Dapatdisimpulkan pengetahuanmetakognitifdanpengalamanmetakognitifdapatdigunakansebagaiperdiktoruntukmelihatkemampuansiswadalampemahamanmemebacanya.Sebagaiimplikasidaripenelitianini disarankanparadoesndapatmengajarkandanmelatihsiswauntukmengoptimalkanpenggunaanmetakognisipada reading untukmendapatkanhasilpemeblajaran yang lebihbaik.Sebagaitambahan dosen reading dapatemembuatmacam-macamstartegi yang memasukkanaktifitasmetakognitifselama proses pengajarandanpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanmerekadalamkemampuanmembaca. Untuktambahan peneliti yang lebihlanjutperludilakukandenganmenggunakanmetakognisidihubungkandengan skill berbahasa yang lain. Melakukanpenelitianpadabidangmetakognisiterkhusus sub aspekdarisetiapmetacognisidibutuhkanuntukmendapatkan data yang lebihakuratdanmenggunakanhasildaripenelitianinisebagaireferensi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58733 |
Actions (login required)
View Item |