Developing english supplementary materials for the seventh graders in Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Parindu West Kalimantan / Ervin Nurmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing english supplementary materials for the seventh graders in Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Parindu West Kalimantan / Ervin Nurmawati

Nurmawati, Ervin (2015) Developing english supplementary materials for the seventh graders in Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Parindu West Kalimantan / Ervin Nurmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurmawati Ervin. 2015. Pengembangan Materi Tambahan Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas Tujuh di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Parindu Kalimantan Barat Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Iggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Mohammad Adnan Latief M.A. Ph.D. (II) Dr. Arwijati Wahyudi Dip. TESL. M.Pd. Kata Kunci materi tambahan buku kerja siswa (BKS) keterampilan integrasi Study ini diadakan untuk mengembangkan materi tambahan untuk kelas tujuh semester pertama Mts Nurul Huda Parindu Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Kelas satu semester satu dipilih sebagai objek penelitian ini karena mereka butuh dan layak untuk mendapatkan materi tambahan ini sebagai landasan permulaan belajar bahasa Inggris. Alasan dikembangkannya BKS ini adalah karena fakta yang menyatakan bahwa siswa-siswi disekolah ini mengalami kesulitan untuk memahami isi dari buku itu. Perlunya mengalami bahasa target secara bertahap oleh para siswa sendiri adalah alasan mengapa materi tambahan ini dibuat dalam bentuk BKS. Proses pengembangan dengan memodifikasi model R D dari Borg and Gall (2007) dimulai dari mengidentifikasi masalah mengembangkan produk meninjau produk validasi ahli uji coba dan revisi dan produk akhir. Setelah melalui beberapa revisi berdasarkan saran-saran dari ahli dari guru dan siswa sebagai pengguna produk penelitian ini dapat dikategorikan siap untuk digunakan oleh siswa. Hal ini juga didukung oleh hasil validasi ahli dan uji coba yang menunjukkan bahwa produk penelitian ini bagus dalam hal desain dan layout bahasa topic dan isi. BKS ini menjembatani dan mengawal para siswa kelas tujuh semester satu di sekolah menengah pertama ini sebaigai dasar dalam memulai belajar bahasa Inggris dan yang datang ke sekolah dengan pengetahuan bahasa Inggris yang sedikit atau tidak tahu bahasa Inggris sama sekali. Karena BKS ini ditujukan untuk kelas tujuh semester satu fokus bahasa tugas dan aktifitas yang ada didalamnya dibuat menarik dan ditekankan pada keterampilan terintegrasi. Materi yang terdapat dalam BKS ini adalah komponen bahasa yang menjadi dasar materi sebelum para siswa belajar bahasa Inggris menggunakan buku paket dari pemerintah yang memuat keterampilan bahasa. Para siswa diharapkan dapat menggunakan BKS ini sebagai salah satu sumber belajar di rumah. Jika para siswa menemui kesulitan dalam memahami BKS ini mereka dapat berkonsultasi dengan guru bahasa Inggrisnya di sekolah. Dengan berbagai kelebihan produk penelitian ini diharapkan pula para siswa mampu menerima materi lebih baik lagi melalui kegiatan yang menyenangkan yang dipakai di dalam BKS ini. Perlunya untuk mengembangkan materi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan yang sesuai dengan karakteristik siswa dapat menjadi sebuah pemikiran baru untuk para guru dan para peneliti selanjutnya untuk mengembangkan materi tambahan sendiri sehingga membuat proses belajar mengajar di kelas lebih lancar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58727

Actions (login required)

View Item View Item