Rahmad, Nur Basuki (2015) Utilizing card match game to improve speaking ability of the eighth graders of SMPN 2 Munjungan Trenggalek / Nur Basuki Rahmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmad Nur Basuki. 2015. Penggunaan Card Match Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII SMPN 2 Munjungan-Trenggalek.Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Advisors (I) Fachrurrazy M.A. Ph.D. (II) Dr. Arwijati Wahyudi M.Pd. Dip.TESL Kata kunci card match game kemampuan berbicara 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran berbicara sering dikesampingkan oleh guru karena beberapa factors yang menghambatnya. Kondisi ini dapat dilihat di SMPN 2 Munjungan yang dapat diketahui berdasarkan hasil test yang mengecewakan pada penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti. Dari tes tersebut dapat diketahui bahwa siswa mempunyai banyak permasalahan dalam kemampuan berbicara mereka. Hanya 4 dari 22 siswa yang mampu mencapai standar kelulusan sekolah yaitu 73. Nilai rata-rata siswa hanyalah 44 34 dan itu masih jauh dari harapan. Dari temuan data pada penelitian pendahuluan tersebut peniliti mengajukan card match game sebagai strategi alternatif untuk memberikan solusi atas permasalahan siswa. Card match game merupakan kegiatan menyenangkan yang ditunjang dengan gambar-gambar authentic yang mampu memaksa siswa untuk mengekspresikan kemampuan berbicara mereka dalam kelas yang kondusif. 12288 12288 12288 12288 Ini merupakan penelitian tindakan kelas yang kolaboratif yang meliputi perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Subject dalam penelitian ini adalah 22 siswa Kelas VIII B SMPN 2 Munjungan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan antara lain catatan lapangan ceklist kuesioner dan test penguasaan kemampuan. Penelitian ini berdasarkan kurikulum 2006 dengan topic tumbuhan dan binatang. Dalam penelitian ini siswa diharapkan mampu mendeskripsikan gambar dalam kartu dengan menggunakan simple present tense dengan lancar dan benar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari tes kemampuan berbicara siswa dan keaktifan mereka dalam pembelajaran langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut brainstorming latar belakang kemampuan siswa mengelompokkan siswa yang terdiri dari 4 atau 5 siswa memberikan kartu yang berisi gambar kepada tiap grup meminta tiap grup untuk membuat kalimat sesuai dengan kartu mereka masing-masing menyusun pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya cocok dengan kartu mereka menjodohkan kartu mereka dengan grup lain dengan cara bertanya memonitor kegiatan siswa dan yang terakhir memberikan penguatan yang diperlukan berkaitan dengan aktivitas siswa. 12288 12288 12288 12288 Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan card match game secara efektif mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa sekaligus mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Siswa sangat aktif dalam kegiatan dalam kelas dan mencoba untuk meningkatkan kemampuan mereka dengan penuh semangat. Oleh karena itu card match game diharapkan mampu memberikan solusi alternatif terhadap masalah-masalah siswa dalam kemampuan berbicara mereka dan sebagai batu pijakan bagi peneliti berikutnya untuk melaksakan penelitian yang serupa dengan subjek penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58714 |
Actions (login required)
View Item |