Lestari, Dwik (2015) Implementing CIRC technique to improve the writing ability of the tenth graders of SMAN 3 Kediri / Dwik Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lestari Dwik. 2014. Menerapkan Cooperative Integrated Reading and Compositin (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis siswa kelas X SMAN 3 Kediri. Tesis Program Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M. A. Ph. D. (2) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd M.A. Kata kunci Menulis teks deskripsi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian awal yang dilakukan di SMAN 3 Kediri pada kelas sepuluh kelas X-6 siswa-siswi mengalami kesulitan dalam menulis. Banyak dari hasil karya siswa yang penulisannya masih kurang tepat isinya tidak sesuai dengan topic dan tata Bahasa serta susunan paragraph memiliki banyak kesalahan dan pencapaian nilai siswa didalam menulis masih rendah (rata-rata nilai siswa 57 97) standar minimum kelulusan 75. Masalh tersebut terjadi karena beberapa faktor. Pertama menulis didominasi oleh perintah tanpa ada model. Kedua kemampuan menulis siswa rendah. Ketiga siswa biasa memiliki sifat yang individualis.Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan bagaimana penerapan CIRC dapat memperbaiki kemampuan siswa kelas X SMAN 3 Kediri didalam menulis teks deskripsi. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan collaborative classroom action research. Peneliti dan guru kolaboratornya bekerja sama dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran menentukan kriteria kesuksesan melaksanakan tindakan mengamati tindakan dan melakukan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu merencanakan melaksanakan mengamati dan melakukan refleksi. Siklus satu terdiri dari empat pertemuan sementara siklus dua terdiri dari dua pertemuan. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen berikut observation checklist dan questionnaire. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMAN 3 Kediri tahun ajaran 2013/2014. 12288 12288 12288 12288 12288 Kegiatan inti proses belajar mengajar dalam penelitian ini adalah (1) basal-berhubungan dengan teks deskripsi (2) pemahaman bacaan (3) seni bahasa terintegrasi (menulis secara berkelompok) (4) dan menulis secara individu sebagai tes menulis. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa tehnik CIRC telah berhasil memperbaiki kemampuan siswa di dalam menulis teks deskripsi di SMAN 3 Kediri. Pada siklus 1 peneliti menemukan bahwa 63%(22 siswa) mendapatkan nilai melebihi kriteria keberhasilan yaitu dengan nilai terendah 64 45 dan nilai tertinggi 85 40 akan tetapi 37%(13 siswa) mendapatkan nilai kurang dari kriteria keberhasilan yaitu dengan nilai terendah 60 45 dan tertinggi 85 40. Itu menunjukkan bahwa nilai tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan sehingga peneliti melanjutkan ke siklus II dengan memberikan tambahan bimbingan yang lebih efektif serta memilih bacaan deskripsi yang lebih sederhana sebagai model. Pada siklus II dari 35 siswa yang menjadi subjek penelitian ini terdapat 30 siswa (85 71%) mencapai nilai diatas 76 dan sisanya 5 siswa (14 29%) mencapai nilai antara 65-75. Peningkatan nilai siswa dari siklus I ke siklus II merupakan bukti nyata bahwa penerapan CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa didalam menulis tek deskripsi. Hasil dari kuesioner menunjukkan bahwa setiap siswa atau 100% mengisi minimal atau bahkan lebih dari 7 dari 10 pertanyaan dalam kuesioner dengan jawaban Ya/Setuju . 12288 12288 12288 12288 12288 Peningkatan prestasi siswa disebabkan oleh hasil dari penerapan tehnik CIRC. Langkah-langkah penerapan tehnik tersebut terdiri dari tiga yaitu basal pemahaman bacaan dan menulis dimana di dalam langkah yang kedua pemahan bacaan siswa bekerja sama dalam menemukan arti kata-kata yang sulit tata bahasa dalam teks seperti kata sifat dan kata keretangan isi teks dan struktur umum dalam teks. Oleh karenanya langkah tersebut bisa membantu siswa dalam merumuskan ide untuk menulis teks deskripsi. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini bisa disimpulkan bahwa penerapan tehnik pembelajaran kooperatif yang ter-integrasi antara membaca dan menulis (CIRC) untuk mengajar menulis di ruang kelas bisa meningkatkan kemampuan siswa didalam menulis teks deskipsi. Akhirnya disarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan tehnik belajar (CIRC) karena tehnik tersebut terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Untuk para peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian serupa penemuan ini bisa dijadikan acuan untuk penelitian mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |