Using process-genre approach to improve students' writing skill at English Department STKIP PGRI Blitar / Rani Muntasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Using process-genre approach to improve students' writing skill at English Department STKIP PGRI Blitar / Rani Muntasari

Muntasari, Rani (2012) Using process-genre approach to improve students' writing skill at English Department STKIP PGRI Blitar / Rani Muntasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis pendekatan Process-Genre paragraf deskripsi Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan yang berbasis Process-Genre untuk mengatasi permasalahan mahasiswa STKIP PGRI Blitar kelas IIB tahun akademik 2011/2012 dalam menulis paragraph deskripsi (mendeskripsikan tempat). Pendekatan berbasis Processs-Genre itu sendiri terdiri dari delapan tahapan yang terdiri dari Building Knowledge of the Field (BKoF) Modeling of the Text (MoT) Joint Construction of the Text (JCoT) Independent Construction of the Text (ICoT) dan empat tahapan pendekatan berbasis Process yang terdiri dari planning drafting revising dan editing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Kolaborasi dilakukan dengan dosen Bahasa Inggris STKIP PGRI Blitar lainnya yang juga ditugaskan untuk mengajar mata kuliah Menulis. Lebih lanjut lagi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning) penerapan (implementation) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Untuk mengetahui seberapa jauh pendekatan Process-Genre dapat mengatasi masalah mahasiswa dalam menulis paragraph deskripsi data dikumpulkan dalam bentuk partisipasi mahasiswa dalam kelas paragraf deskripsi mahasiswa yang ditulis dalam tahap ICoT dan pendapat (respon) mahasiswa terhadap penerapan pendekatan Process-Genre dalam kelas Menulis IV mereka. Untuk mendapatkan data-data tersebut penelitian ini menggunakan beberapa instrumen instrument tesebut antara lain adalah lembar observasi (observation sheet) catatan lapang (field notes) kuisioner (questionnaire) prompt menulis portofolio (portfolio) panduan penilaian (analytical scoring scale). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Process-Genre mahasiswa kelas IIB bisa menulis paragraph deskripsi tentang tempat jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya ketika mereka diajar mata kuliah Menulis dengan menggunakan pendekatan lain. Hal ini bisa dilihat dari data yang dikumpulkan dalam penelitian ini. Dalam hal partisipasi mahasiswa dalam kelas ada peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 pada siklus 1 prosentase partisipasi mahasiswa masih menunjukkan angka 63%. Namun pada siklus 2 prosentase akhir menunjukkan adanya peningkatan yaitu sebanyak 94%. Dalam hal skor akhir paragraph deskripsi mahasiswa pada siklus 1 jumlah mahasiswa yang lulus hanya sebanyak 12 orang (52%). Pada siklus 2 terdapat 21 mahasiswa (91%) yang lulus nilai batas minimum (65). Dalam hal respon mahasiswa terhadap penerapan Process-Genre di kelas mereka pada siklus 1 respon positif hanya sebesar 60% tapi pada siklus 2 penelitian ini bisa merauk respon positif sebesar 88%. Selanjutnya adanya peningkatan kemampuan menulis mahasiswa tersebut dikarenakan penelitian ini menerapkan pendekatan Process-Genre. Di setiap tahap pada pendekatan Process-Genre itu sendiri peneliti menggunakan beberapa teknik pengajaran. Penelitian ini juga menyarankan kepada para dosen dan/atau guru agar menerapkan pendekatan Process-Genre dalam kelas mereka. Selain itu disarankan pula kepada para peneliti selanjutnya untuk menggunakan pendekatan ini dalam penelitian mereka dengan memodifikasi subject jenis teks dan/atau tingkatan subjek yang digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58629

Actions (login required)

View Item View Item