Rahayu, Ragil Mei (2015) Peningkatan pemahaman kerjasama melalui media pembelajaran monopoli pintar pada siswa kelas VB SDN Blitar Kota Blitar / Ragil Mei Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahayu Ragil Mei. 2015. Peningkatan Pemahaman Kerjasama melalui Media Pembelajaran Monopoli Pintar pada Kelas VB di SDN Blitar Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Drs. Santoso Yoewono S.Pd Kata Kunci pemahaman kerjasama media pembelajaran monopoli pintar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas VB SDN Blitar Kota Blitar ditemukan bahwa pemahaman siswa tentang materi kerjasama masih rendah yaitu siswa sekedar mengetahui bahwa contoh kerjasama adalah kerjabakti di lingkungan rumah. Padahal kerjasama meliputi kerjasama dengan teman kerjasama antar anggota masyarakat kerjasama antar daerah bahkan kerjasama internasional. Hal ini mengakibatkan dari 37 siswa terdapat 12 siswa tuntas KKM yaiyu 70 sedangkan 25 siswa belum tuntas. Permasalahan tersebut disebabkan oleh cara mengajar guru yang didominasi dengan metode ceramah dan tidak adanya media pembelajaran. Pembelajaran konvensional yang tidak dikemas secara menarik oleh guru mengakibatkan siswa kurang memahami materi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan media pembelajaran monopoli pintar dalam pembelajaran kerjasama dan memaparkan peningkatan pemahaman siswa tentang kerjasama pada siswa kelas VB di SDN Blitar Kota Blitar. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan atau observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran monopoli pintar dalam pembelajaran dimanfaatkan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase aktifitas guru dari 47 62% pada pratindakan menjadi 82 9% pada siklus I dan menjadi 92 5% pada siklus II. Selain itu media pembelajaran monopoli pintar dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kerjasama yaitu pada saat pratindakan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 32 34% meningkat menjadi 54 05% pada siklus I dan meningkat menjadi 94 60% pada siklus II. Dengan demikian dapat dikatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran monopoli pintar dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kerjasama pada siswa kelas VB di SDN Blitar Kota Blitar. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar memanfaatkan media pembelajaran monopoli pintar dalam pembelajaran agar pemahaman siswa dapat maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5860 |
Actions (login required)
View Item |