Syahida, Rezky (2015) Pengembangan modul elektronik Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Rezky Syahida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Syahida Rezky. 2015. Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang.Skripsi JurusanTeknologiPendidikan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. ZainulAbidinM.Pd (II) Dra.Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Modul Elektronik Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Malang permasalahan pembelajaran yang terjadi adalah kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran bahan ajar yang terbatas serta sulitnya guru dalam mengindentifikasi pengetahuan masing-masing siswa dalam kegiatan pembelajaran. Modul elektronik merupakan bahan ajar individual yang disajikan dalam unit pembelajaran terkecil. Melalui pembelajaran modul elektronik siswa dapat melakukan pembelajaran secara aktif dan mengatur sendiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan kecepatan dan pemahaman masing-masing siswa. Modul elektronik juga dapat dikombinasikan dengan penggunaan multimedia sehingga sajian bahan ajar menjadi lebih luas dengan penggunaan unsur-unsur media didalamnya. Tujuan dari pengembangan ini yaitu menghasilkan produk modul elektronik yang valid serta menghasilkan produk modul elektronik yang efektif dalam pembelajaran IPS siswa kelas VII SMP/MTs. Pengembangan modul elektronik dikembangkan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Arief S. Sadiman dan Lee W.W. Owens D.L. Adapun subjek penelitian dalam pengembangan modul elektronik ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Modul elektronik ini divalidasi oleh ahli media dengan persentase keberhasilan sebanyak 99 57% ahli materi dengan skor persentase keberhasilan sebanyak 91 07% uji coba satu lawan satu dengan skor keberhasilan sebanyak 95 75% uji coba kelompok kecil 93 81% dan uji coba lapangan dengan skor keberhasilan 94 15%. Hal ini menunjukkan bahwa modul elektronik dapat dinyatakan valid untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Efektifitas modul elektronik diuji melalui skor tes hasil belajar siswa sebelum dan setelah melakukan pembelajaran menggunakan modul elektronik. Melalui analisis data diperoleh persentase keberhasilan dal uji coba satu lawan satu sebesar 90% uji coba kelompok kecil sebesar 94% dan uji coba lapangan sebesar 86 47%. Hal ini membuktikan bahwa modul elektronik dinyatakan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Pengembang berharap penelitian ini dapat berguna bagi pihak yang membutuhkan serta bermanfaat untuk penelitian selanjutnya yang serupa. Disarankan untuk pengembang selanjutnya dapat mengembangkan modul elektronik yang lebih baik lagi tepat guna tepat sasaran serta sesuai dan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/586 |
Actions (login required)
View Item |