Developing instructional materials of English for the students of Travel and Tourism Industry Program of SMK Negeri 1 Tarakan / I Nengah Pariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing instructional materials of English for the students of Travel and Tourism Industry Program of SMK Negeri 1 Tarakan / I Nengah Pariana

Pariana, I Nengah (2011) Developing instructional materials of English for the students of Travel and Tourism Industry Program of SMK Negeri 1 Tarakan / I Nengah Pariana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Fachrurracy M.A. Ph. D. (II) Dr. Arwijati W. Murdibjono M.Pd. Dip. TESL. Kata kunci mengembangkan materi pembelajaran usaha perjalanan wisata Tujuan utama pengajaran Bahasa Inggris Kepariwisataan sebagai mata pelajaran muatan local pada Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 1 Tarakan adalah untuk membimbing siswa/i agar mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris tentang kepariwisataan pada level operasional dasar. Akan tetapi pembelajaran Bahasa Inggris pada mata pelajaran ini belum mampu untuk mencapai tujuan tersebut. Masalahnya adalah tidak adanya materi pembelajaran yang dikembangkan untuk siswa/i sesuai dengan apa yang diharapkan oleh silabus mata pelajaran tersebut 8213 yang bisa membangun terjadinya proses belajar dan mengajar yang bermakna. Buku-buku penunjang yang ada di pasaran tidak sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Berdasarkan masalah tersebut materi pembelajaran Bahasa Inggris Kepariwisataan untuk siswa/i Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata 8213 yang sesuai dengan silabus 8213 perlu dikembangkan segera. Langkah-langkah yang diterapkan penulis pada penelitian ini adalah mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan pengembangan materi mengembangkan materi pembelajaran memvalidasi draf materi pembelajaran kepada para ahli/pakar merevisi draf berdasarkan hasil validasi ahli mengadakan uji lapangan di kelas dan merevisi draf sehingga menjadi produk yang siap dipakai di kelas (diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall 1989). Untuk memperoleh informasi yang relevan sebagai dasar pengembangan materi pembelajaran wawancara kepada guru dan siswa serta pengamatan pengajaran di kelas dilakukan sebagai pelengkap informasi yang didapat dari silabus yang telah ada. Untuk validasi ahli/pakar kuesioner diberikan kepada Ahli Kepariwisataan Lokal Kota Tarakan Ahli Isi tentang Pemanduan Wisata dan Ahli Bahasa Inggris dan Desain Materi. Pada uji lapangan para siswa/i diberikan kuesioner sementara guru Bahasa Inggris selain diberikan kuesioner dia juga diwawancarai tentang kebermanfaatan materi pembelajaran yang sedang dikembangkan. Data/informasi yang diperoleh dari penelitian awal menunujukkan bahwa guru dan siswa/i mengharapkan adanya materi pembelajaran Bahasa Inggris Kepariwisataan untuk Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Materi-materi itu dikembangkan secara simultan mencakup isi Bahasa Inggris dan isi kepariwisataanya. Untuk isi Bahasa Inggris materi dikembangkan secara integrasi antara keempat kemampuan berbahasa serta komponen-komponen bahasanya. Data yang diperoleh dari validasi ahli/pakar menunjukkan adanya keunggulan dan kekurangan produk. Berdasarkan kekurangan-kekurangan itu materi pembelajaran yang dikembangkan direvisi. Dari uji coba data menunjukkan kebermanfaatan materi pembelajaran yang dikembangkan dalam memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris lebih giat. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh dari penilaian siswa dan guru melalui angket dan pengamatan pembelajaran di kelas. Data yang diperoleh dari pengamatan langsung di kelas menunjukkan bahwa siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran karena materi-materi yang dikembangkan menarik dan sesuai dengan kehidupan mereka sehari-hari khususnya situasi-situasi yang akan mereka jumpai pada prospek pekerjaan mereka kelak. Selain itu tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa mampu membangkitkan pengetahuan mereka sebelumnya tentang topic dan kemampuan bahasa yang pernah mereka pelajari. Penggunaan bahasa dalam materi pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Akhirnya setelah direvisi beberapa kali materi pembelajaran yang dikembangkan melalui penelitian ini mampu memenuhi kebutuhan dan minat siswa pada Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 1 Tarakan. Materi pembelajaran ini telah siap 8213 secara teori dan praktek 8213 untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Untuk tujuan peningkatan qualitas materi pembelajaran yang dikembangkan penulis menyarankan kepada guru-guru Bahasa Inggris atau orang lain yang tertarik untuk menggunakan produk ini agar mereka sebaiknya membimbing siswa/i untuk mampu belajar Bahasa Inggris secara komunikatif dengan lebih memfokuskan pada kemampuan berbicara. Motivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris melalui materi pembelajaran ini sebaiknya dimulai dari awal pembelajaran. Yang terakhir uji coba pada sampel yang lebih luas perlu dilakukan untuk seluruh unit pada materi pembelajaran yang dikembangkan karena pada penelitian ini baru dua unit yang diujicobakan. Agar diperoleh qualitas produk yang lebih baik melibatkan lebih banyak guru akan memberikan banyak masukan yang tentunya masukan-masukan yang sifatnya membangun akan menjadikan materi pembelajaran yang dikembangkan lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58487

Actions (login required)

View Item View Item