Probowati, Titik Eka (2014) Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui metode sugesti imajinasi lagu pada siswa kelas V SDN Blimbing 3 Malang / Titik Eka Probowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Probowati Titi Eka. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Sugesti Imajinasi Lagu Pada Siswa Kelas V SDN Blimbing 3 Malang. Skripsi Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. H.M Thoha Arifin S.Pd M.Pd Kata Kunci Menulis Puisi Anak Metode Sugesti Imajinasi Lagu SD 12288 12288 12288 12288 Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa SD. Metode Sugesti-Imajinasi adalah metode pembelajaran menulis dengan cara memberikan sugesti lewat lagu untuk merangsang imajinasi siswa. Dalam hal ini lagu digunakan sebagai pencipta suasana sugestif stimulus dan sekaligus menjadi jembatan bagi siswa untuk membayangkan atau menciptakan gambaran dan kejadian berdasarkan tema lagu. Kegiatan pembelajaran dengan metode ini dibagi dalam tiga tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi. Ketiga tahap merupakan kegiatan yang ditempuh oleh guru dan siswa saat sebelum selama sesudah pembelajaran. Berdasarkan pretes yang dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Blimbing 3 Malang dapat diketahui bahwa siswa kurang tertarik dan berminat dalam menulis puisi kemampuan menulis puisi masih kurang siswa masih kesulitan mengungkapkan ide/ gagasan kesesuaian tema dengan judul kesesuaian judul dengan isi memilih kata/diksi dan mengaitkan antara larik -larik menjadi bait puisi sehingga bermakna 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan 1) penerapan metode sugesti imajinasi lagu untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi anak dan 2) peningkatan kemampuan menulis puisi melalui metode Sugesti Imajinasi Lagu pada siswa kelas V SDN Blimbing 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Data yang diolah dan dianalisis berupa data proses dan hasil pembelajaran menulis puisi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi pedoman wawancara guru dan dokumentasi pembelajaran. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Blimbing 3 Malang yang berjumlah 21 siswa terdiri atas 12 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil analisis data diperoleh terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SDN Blimbing 3 dengan menerapkan metode sugesti imajinasi. Hal ini juga tampak pada perolehan nilai pada siklus I terdapat 9 siswa atau sebesar 43% yang mempunyai nilai rata-rata 84 sedangkan 3 siswa atau sebesar 14% mempunyai nilai rata-rata 75 dan 9 siswa atau sebesar 43% mempunyai nilai rata-rata 66. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 15 siswa atau sebesar 72% yang mempunyai nilai rata-rata 87 4 siswa atau sebesar 19% mempunyai nilai rata-rata 75 dan 2 siswa atau sebesar 9% mempunyai nilai rata-rata 69. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi anak dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode sugesti imajinasi lagu. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk dapat memanfaatkan metode sugesti imajinasi lagu dalam pembelajaran menulis puisi dengan materi atau pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5841 |
Actions (login required)
View Item |