Prihanani, Ayu Oktafia (2014) Peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur-unsur cerita melalui media audio visual pada siswa kelas V SDN 2 Wonoanti Kabupaten Trenggalek / Ayu Oktafia Prihanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prihanani Ayu Oktafia. 2014. Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerita Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonoanti Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd. (II) Suminah S.Pd M.Pd Kata kunci mengidentifikasi unsur-unsur cerita media audio visual 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN 2 Wonoanti ditemukan permasalahan antara lain siswa tidak bisa menentukan tema amanat latar tokoh penokohan dan alur yang ada dalam cerita. Dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar perorangan maupun ketuntasan klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur cerita melalui penggunaan media audio visual pada siswa kelas V SDN 2 Wonoanti Kabupaten Trenggalek dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan mengidentifikasi unsur-unsur cerita di siswa kelas V SDN 2 Wonoanti Kabupaten Trenggalek melalui penggunaan media audio visual. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi dan tes. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai rata-rata keterampilan awal siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur cerita adalah 62 dengan ketuntasan belajar sebesar 23%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata keterampilan mengidentifikasi unsur-unsur cerita siswa meningkat menjadi 67 5 dengan ketuntasan belajar sebesar 59%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata keterampilan mengidentifikasi unsur-unsur cerita siswa mengalami peningkatan menjadi 81 5 dengan ketuntasan belajar sebesar 88%. Terdapat 15 siswa yang tuntas belajar dan terdapat 2 siswa yang belum tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas disebabkan oleh rendahnya minat dan motivasi siswa tersebut dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan siswa kurang berinteraksi dalam pembelajaran apabila ada hal-hal yang belum dimengerti siswa hanya pasif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur cerita melalui media audio visual dapat membantu siswa menentukan tema amanat latar tokoh penokohan dan alur. Dengan demikian penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan siswa mengidentifikasi unsur-unsur cerita. Untuk itu diharapkan guru menggunakan media audio visual dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur cerita sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5840 |
Actions (login required)
View Item |