Sri Nirwani (2009) Appliying autonomous writing instruction model to improve the second year students' writing skill of SMAN 7 Malang / by Sri Nirwani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa mendasar yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa. Dengan menulis siswa dapat menginterpretasikan dan mengungkapkan ide perasaan dan pengalaman. Namun demikian para siswa belum memiliki penguasaan keterampilan menulis yang memadai. Penilaian ini berdasarkan pada kenyataan bahwa sering kali tulisan siswa tidak dapat dipahami karena terdapat banyak kesalahan. Secara keseluruhan kesalahan-kesalahan itu bersumber dari kekurangan penguasaan kosa kata. Disamping itu siswa tidak memiliki keterampilan yang memadai dalam mengorganisasi ide-ide menjadi suatu text yang baik. Konsekuensinya siswa memiliki motivasi yang rendah untuk menulis dalam dalam bahasa Inggris. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan keterampilan menulis para siswa. Penelitian ini menggunakan Model Pengajaran Menulis secara Mandiri yang diadaptasi dari model Kweldju (2003). Strategi ini dipakai karena dianggap dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menkonstruksi pengetahuan mereka tentang bagaimana menulis suatu teks yang bagus dan juga dapat meningkatkan penguasaan kosa kata mereka. Sejalan dengan latar belakang penelitian ini rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengajaran menulis di SMAN 7 Malang ditingkatkan agar dapat membantu para siswa mengorganisasikan ide-ide mereka dengan lebih baik Penelitian ini menggunakan pendekatan collaborative action research yang merupakan kolaborasi antara penulis dengan guru sebagai tim yang bekerja sama dalam merancang rencana pelajaran mengimplementasi tindakan dan melakukan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam satu siklus dengan menerapkan satu ide utama. Penelitian ini dilaksanakan dalam 12 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI yang yang beranggotakan 36 siswa. Selama penerapan rencana yaitu prosedur Model Pengajaran Menulis secara Mandiri diusahakan agar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengorganisasikan ide-ide mereka. Para siswa ditugaskan untuk secara mandiri membaca contoh-contoh teks dan menganalisa bagaimana penulis mengorganisasikan teks nya. Pada saat menulis draf teks para siswa menggunakan outline kemudian mereka mengevaluasi tulisan mereka dan merivisi atau mengedit. Setelah guru memberi komentar dan koreksi terhadap tulisan mereka para siswa sekali lagi memperbaiki kesalahan pada tulisan mereka berdasarkan komentar atau koreksi dari guru. Sedangkan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa ditugaskan untuk mempelajari sendiri kosa kata dengan cara mengumpulkan kosa kata baru yang terdapat dalam teks bacaan. Kata-kata baru itu kemudian dituliskan dalam konteks kalimat dan kemudian harus dihafalkan pada setiap pertemuan. Dari penelitian ini ditarik beberapa kesimpulan. Prosedur yang diterapkan pada penelitian ini terbukti efektif meningkatkan keterampilan menulis siswa. Ini terbukti dari meningkatnya skor rata-rata mulai 48.81 untuk teks pertama 60 45 untuk teks kedua dan 66 87 untuk teks ketiga. Penguasan kosa kata siswa juga mengalami peningkatan. Pada test awal skor rata-rata siswa adalah 62.60 sedangkan pada test akhir skor rata-rata siswa adalah 70 57.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58333 |
Actions (login required)
View Item |