Pengembangan buku ajar Pendidikan Seni Rupa berazaz estetika islami untuk Sekolah Islam / Welly Purnama Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar Pendidikan Seni Rupa berazaz estetika islami untuk Sekolah Islam / Welly Purnama Kumalasari

Kumalasari, Welly Purnama (2018) Pengembangan buku ajar Pendidikan Seni Rupa berazaz estetika islami untuk Sekolah Islam / Welly Purnama Kumalasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Welly Purnama Kumalasari. 2018. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Seni Rupa Berazas Estetika Islami untuk Sekolah Islam.Tesis Program Studi Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M. Pd. (II) Dr. Moejadi Pranata M.Pd Kata Kunci Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Seni Rupa Estetika Islami Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar cetak yaitu berupa buku ajar untuk untuk siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah 5D dengan syntax define data design develop disseminate. Proses validasi produk yang dilakukan oleh ahli pembelajaran ahli estetika Islami. Uji coba pengguna buku ajar dilakukan oleh guru dan siswa. Buku ajar yang dikembangkan menggunakan landasan azas estetika Islami dalam hal ini sesuai dengan Majm Fat w wa Ros il lil Imam as-Sayyid Alwiy al-Malikiy al-Hasaniy. Pola pembelajarannya menggunakan model pembelajarannya Entrepreneurial yang terdiri atas tahapan exploring planning doing communicating dan refflecting. Selain berazas estetika Islami buku ajar ini berpotensi mengembangkan aspek kemandirian inovasi dan kreativitas siswa. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Data validasi pembelajaran dari ahli pembelajaran mencapai 98 95 % dengan nilai reliabilitas 0.514 yang berarti masuk katagori valid dan reliable dan sangat layak untuk digunakan (2) Data validasi estetika Islami dari ahli estetika Islami mencapai 92.30% dengan reliabilitas 0.932 yang berarti masuk katagori valid dan reliable sangat layak untuk digunakan (3) Data dari hasil uji coba buku ajar untuk guru mencapai 90% dengan reliabilitas 0.476 yang berarti masuk katagori valid dan reliable sangat layak untuk digunakan dan (4) Data dari hasil uji coba buku ajar untuk siswa mencapai 95.7% dengan reliabilitas 0.809 yang berarti masuk katagori valid dan reliable sangat layak untuk digunakan Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran berkarya seni rupa dua dimensi dengan materi menggambar perspektif satu titik hilang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58321

Actions (login required)

View Item View Item