Pengembangan buku ajar seni kriya manik-manik dan limbah sintetik berdasarkan pendekatan entrepreneurial untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP / Tri Utaminingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar seni kriya manik-manik dan limbah sintetik berdasarkan pendekatan entrepreneurial untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP / Tri Utaminingsih

Utaminingsih, Tri (2017) Pengembangan buku ajar seni kriya manik-manik dan limbah sintetik berdasarkan pendekatan entrepreneurial untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP / Tri Utaminingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utaminingsih Tri. 2017. Pengembangan Buku Ajar Seni Kriya Manik-manik dan limbah sintetik Berdasarkan Pendekatan Entrepreneurial untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP. Tesis. Program Studi Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. Kata kunci penelitian pengembangan buku ajar siswa pendidikan seni rupa entrepreneurial. Buku ajar merupakan informasi alat dan teks yang diperlukan guru atau instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Buku ajar yang digunakan oleh siswa disebut worksheet atau buku kerja siswa yang berisi tentang petunjuk atau langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas. Sedangkan buku pegangan guru sebagai petunjuk penggunaan Worksheet membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajarn di kelas. Buku ajar entrepreneurial berisi tentang prosedur pembelajaran dengan pendekatan entrepreneurial yaitu pendekatan pembelajaran yang mengikuti langkah dan sifat kewirausahaan. Pembiasaan untuk menerapkan pola piker entrepreneurial akan meningkatkan sumber daya manusia yang peka terhadap peluang kreatif inovatif berani menghadapi resiko bersifat terbuka dan produktif. Dalam siklus pembelajaran berbasis kewirausahaan terdapat 5 tahapan belajar yang saling berkaitan yaitu eksplorasi perencanaan pengerjaan komunikasi dan refleksi. Dengan dihasilkannya produk yang berupa buku ajar seni kriya dari bahan manik-manik dan limbah sintetik berdasarkan pendekatan entrepreneurial pada sekolah menengah pertama yang disampaikan secara teoritis dan praktis diharapkan dapa tmeningkatkan kreativitas siswa. Sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media buku kerja siswa berdasarkan pendekata entrepreneurial peserta didik diberi tes awal (pre test) dan tes akhir ( post test) untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa. Kreatif adalah keberanian untuk melihat dan berkarya secara berbeda. Siswa yang kreatif selalu bekerja keras dan mencoba secara terus memperbaiki gagasan atau karyanya yang telah dihasilkan dengan membuat perubahan dan perbaikan bertahap pada karya mereka. Hasil validasi Ahli isi pesan pembelajaran menunjukkan prosentase kelayakan 91 7 % sedangkan validasi Ahli Media pembelajaran memperoleh prosentase kelayakan 96 3% penilaian guru mata pelajaran seni rupa memperoleh 95 8% dan penilaian peserta didik memperoleh kelayakan 94 3%. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa buku kerja siswa ini efektif untuk meningkatkan kreatifitas siswa. Dengan menerapkan lima tahapan entrepreneurial terbukti mampu melatih peserta didik mandiri dalam menciptakan karya yang kreatif inovatif dan produktif. Berdasarkan hasil validasi tersebut berarti produk penelitian ini layak untuk diimplementasikan. Hasil uji keefektifan berdasarkan rata-rata skor pre test menunjukkan 75% dengan standar deviasi 2 51312 sementara skor post test memperoleh 96% dengan standar deviasi 1 12390 Selisih rerata antara pre testdengan post test sebesar 21. Nilai t hitung sebesar 44 665 dengan sig -2 093 2 093 yang berarti ada pengaruh terhadap kreatifitas siswa yang menggunakan buku kerja dengan yang tidak menggunakan buku kerja. Hal ini menunjukkan bahwa produk buku kerja siswa berdasarkan pendekatan entrepreneutial untuk meningkatkan kreatifitas siswa SMP merupakan produk pengembangan yang valid dan efektif. ABSTRAK Utaminingsih Tri. 2017. Development of Visual Arts Textbook Beads and Synthetic Waste Based on Entrepreneurial Approach to Enhance Creativity of Junior High School Students. Thesis. Study Program of Visual Art Teaching Postgraduate StateUnuversity of Malang. Supervisors (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. Kata kunci development research student textbooks art education entrepreneurial. Textbooks are information tools and texts that teachers or instructors need for planning and reviewing learning implementation. Textbooks used by students are called worksheets or student workbooks that contain instructions or steps to complete the task. While the teacher handbook as a guide to the use of Worksheet helps teachers or instructors in carrying out the learning process in the classroom. The entrepreneurial textbook contains about the learning procedure with an entrepreneurial approach. The entrepreneurial approach is a learning approach that follows the steps and the nature of entrepreneurship. The habit of applying an entrepreneurial piker pattern will enhance human resources that are sensitive to opportunities creative innovative risk-conscious open and productive. In the entrepreneurial-based learning cycle there are 5 interrelated learning stages exploration planning workmanship communication and reflection. With the production of products that teach arts from the materials of synthetic beads and waste based on the entrepreneurial approach in junior high school that is delivered theoretically and practically is expected to increase the creativity of students. Prior to following the learning by using the media workbook students based on entrepreneurial shorter learners are given preliminary tests (pre test) to determine the initial ability. After the learning is completed the final test (post test) to determine the level of student creativity. Creative is the courage to see and work differently. Creative students always work hard and try to continually improve the ideas or work they have produced by making changes and gradual improvements to their work. Expert validation results show the percentage content of the message feasibility study 91.7% while the Media Experts validation of learning gain eligibility percentage of 96.3% a teacher of art subjects gained 95.8% and the feasibility assessment of learners acquire 94.3%. So the results showed that the student workbook is effective to improve student creativity. By applying the five stages of entrepreneurial proved able to train independent learners in creating creative innovative and productive work. Based on the validation result means that the research product is feasible to be implemented. The results of the effectiveness test based on the average pre test score showed 75% with the standard deviation of 2.51312 while the post test score t obtained 96% with standard deviation 1.12390 The difference between the average pre test with the post test of 21. The t value of 44.665 with the sig -2.093

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 13 Jun 2025 02:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58297

Actions (login required)

View Item View Item