Pola tutur interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga 2017 ISP STIE Malangkucecwara / Redhitya Wempi Ansori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola tutur interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga 2017 ISP STIE Malangkucecwara / Redhitya Wempi Ansori

Ansori, Redhitya Wempi (2018) Pola tutur interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga 2017 ISP STIE Malangkucecwara / Redhitya Wempi Ansori. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ansori Redhitya Wempi. 2018. Pola Tutur dalam Interaksi Pembelajaran BIPA Program Bunga 2017 ISP STIE Malangku e wara. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. (II) Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd Kata kunci pola tutur interaksi dan pembelajaran BIPA Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap dua hal yaitu pola tutur berdasarkan fungsi tutur dalam interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga dan pola tutur berdasarkan gilir tutur dalam interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga. Berdasarkan tujuan tersebut dikerucutkan dalam bentuk fokus penelitian yaitu mendeskripsikan pola tutur berdsarkan fungsi tutur dalam interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga 2017 ISP STIE Malangku e wara dan fokus penelitian yang kedua mendeskripsikan pola tutur berdasarkan gilir tutur dalam interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga 2017 ISP STIE Malangku e wara Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif . Jenis penelitian ini merupakan penelitian kelas dengan bentuk penelitian deskriptif dan ancangan teoretis penelitian ini adalah etnografi komunikasi. Data penelitian ini adalah transkripsi tuturan pembelajar dan pemelajar dalam interaksi pembelajaran di kelas BIPA Program Bunga. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan pembelajar dan pemelajar dalam interaksi pembelajaran. Proses pengambilan data menggunakan instrumen penunjang berupa telepon genggam dengan merk Vivo V3 dan untuk mengambil data berupa video menggunakan kamera CANON 60D Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa pola tuturan dalam pembelajaran BIPA Program Bunga memberdayakan tiga pola tuturan dalam interaksi pembelajaran. Ketiga pola tuturan tersebut adalah (1) pola tuturan aksi (2) pola tuturan interaksi dan (3) pola tuturan transaksi. Dalam proses penelitian terdapat pola pola yang tidak termasuk ketiga teori tersebut. Pola tuturan yang tidak termasuk dalam pakem teori tersebut diklasifikasikan menjadi temuan baru penelitian. Berdasarkan penelitian terdaapat tiga temuan baru mengenai pola tuturan dalam interaksi pembelajaran BIPA. Ketiga temuan baru tersebut adalah (1) pola tuturan antarpembelajar (2) pola tuturan pembelajar-narasumber-pemelajar dan (3) pola tuturan pembelajar-pemelajar-tutor. Sementara itu pola tuturan berdsasarkan gilir tutur komunikasi dalam interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga ditemukan bahwa terdapat tiga hal yang menjadi fokus kajian yaitu (1) struktur pertukaran dalam interaksi pembelajarannya (2) pasangan ujaran terdekat (adjacency pairs) dalam gilir tutur interaksi pembelarannya dan (3) saluran belakang (backchannel) dalam gilir tutur interaksi pembelajran BIPA Program Bunga tersebut Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pola tutur berdasarkan fungsi tutur dalam interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga memunculkan fungsi yang berbeda-beda. Fungsi pola tutur aksi digunakan untuk memberikan informasi dan memberi instruksi penugasan pola tutur interaksi digunakan untuk kegiatan apersepsi dan membangun konteks dan pola tutur transaksi digunakan untuk mengaktifkan pemelajar dalam proses kegiatan belajar-mengajar. Pola tutur yang lebih banyak muncul adalah pola tutur interaksi karena dalam pembelajaran BIPA lebih menekankan aspek komunikatif. Kesimpulan berdasakan fokus penelitian yang kedua yaitu pola tutur berdasarkan gilir tutur dalam interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga bahwa gilir tutur selalu diinisiasi oleh pembelajar sedangkan pemelajar hanya merespon inisiasi pembelajar. Gilir tutur berdasarkan pasangan ujaran terdekat (adjacency pairs) disimpulkan bahwa tidak muncul pasangan ujaran terdekat menolak jawaban dalam interaksi pembelajaran BIPA Program Bunga

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58225

Actions (login required)

View Item View Item