Argumen dalam teks tanggapan kritis karya siswa SMP / Syaifulloh - Repositori Universitas Negeri Malang

Argumen dalam teks tanggapan kritis karya siswa SMP / Syaifulloh

Syaifulloh (2018) Argumen dalam teks tanggapan kritis karya siswa SMP / Syaifulloh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syaifulloh. 2018. Argumen dalam Teks Tanggapan Kritis Karya Siswa SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dawud M. Pd. (II) Dr. Roekhan M. Pd. Kata Kunci argumen teks tanggapan kritis sekolah menengah pertama Argumen memiliki kedudukan yang esensial dalam interaksi komunikasi sehari-hari. Argumen menjadi bagian integral dari pemahaman lengkap tentang penalaran dan kognisi manusia. Argumen dapat digunakan untuk memaparkan bukti-bukti. Argumen dalam bentuk lisan atau tulis digunakan untuk menjelaskan menyangkal mempertahankan bahkan mempengaruhi orang lain. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) unsur argumen dalam teks tanggapan kritis (2) pola argumen dalam teks tanggapan kritis dan (3) isi argumen dalam teks tanggapan kritis. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dan jenis analisis teks. Data penelitian ini berupa data verbal yang diperoleh dari hasil tugas siswa menulis argumentasi. Data ini diperoleh dari tugas siswa menulis argumentasi yang telah diberikan guru sehingga teknik pengumpulannya menggunakan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama. Sumber data penelitian ini adalah teks tanggapan kritis siswa SMPN 1 Tulungagung kelas IX. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tiga alur kegiatan pokok yakni reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan unsur argumen yang terdapat pada teks tanggapan kritis siswa SMP terdiri atas pernyataan utama (claim) bukti (grounds) pendukung (warrant) penguat (backing) modalitas (modal qualifier) dan penyanggah (rebuttal). Unsur pernyataan utama terdiri dari empat kategori yakni (1) pernyataan fakta (2) evaluasi (3) definisi dan (4) pernyataan hipotesis. Unsur bukti berupa (1) fakta dan (2) opini terhadap fakta. Unsur penguat terdiri atas tiga kategori yakni (1) penguat aturan (2) analogi dan (3) penguat definisi. Unsur pendukung berupa nilai dan sikap. Unsur modalitas berupa penggunaan pemarkah kepastian seperti harus jadi sudah dan tidak ada. Adapun unsur penyanggah dalam teks kritis ditemukan penggunaan pemarkah tetapi selain itu tidak harus tidak selalu jika maka dan akan tetapi. Temuan pola argumen dalam teks tanggapan kritis yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) pola sederhana dan (2) pola kompleks. Temuan isi argumen mencakup (1) argumen reguler (kaidah) dan (2) argumen kritis (kebijakan atau teori konstruk konsep dan fakta). Pola argumen dalam teks tanggapan kritis siswa SMP merupakan pola argumen yang dibangun subjek secara bervariasi. Dalam teks tanggapan kritis siswa SMP ditemukan sembilan pola argumen sederhana. Kesembilan pola tersebut yaitu (1) pola pernyataan utama- bukti- penguat (C-G-W) (2) pola pernyataan utama- bukti- modalitas (C-G-MQ) (3) pola pernyataan utama- bukti- penguat- pendukung (C-G-W-B) (4) pola pernyataan utama- bukti- penguat- pendukung- penyanggah (C-G-W-R) (5) pola pernyataan utama- bukti- penguat- modalitas (C-G-W-MQ) (6) pola pernyataan utama- bukti- penguat- modalitas- penyanggah (C-G-W-MQ-R) (7) pola pernyataan utama- bukti- penguat- pendukung- penyanggah (C-G-W-B-R) (8) pola pernyataan utama- bukti- penguat- pendukung- modalitas (C-G-W-B-MQ) (9) pola pernyataan utama- bukti- penguat- pendukung- modalitas- penyanggah (C-G-W-B-MQ-R). Dari kesembilan pola yang ditemukan pola argumen C-G-W-MQ yang paling banyak di kalangan siswa SMP. Pola ini memiliki unsur pernyataan bukti penguat dan modalitas. Pola argumen kompleks Dalam teks tanggapan kritis siswa SMP ditemukan tujuh pola. Ketujuh pola argumen itu adalah (1) pola dukungan ganda (C-G-W-B-B-MQ) (2) pola bukti dan modalitas ganda (C-G-G-W-MQ-MQ-R) (3) pola modalitas ganda (C-G-W-B-MQ-MQ-R) (4) pola tiga penguat (C-G-W-W-W-B) (5) pola penguat dan pendukung ganda (C-G-W-B-W-B-MQ) (6) pola penguat ganda (C-G-W-W-R) (7) pola bukti ganda (C-G-G-W-MQ). Isi argumen dalam teks tanggapan kritis meliputi kaidah kebijakan atau teori konstruk konsep dan fakta. Argumen kaidah dalam karya siswa ditemukan empat teks dan berisi hadis. Argumen kebijakan atau teori dalam karya siswa ditemukan lima teks dan berisi peraturan dan teori. Argumen konstruk dalam karya siswa ditemukan sembilan teks dan berisi konstruk. Argumen konsep dalam karya siswa ditemukan tujuh belas teks dan berisi konsep. Argumen fakta dalam karya siswa ditemukan dua puluh lima teks dan berisi fakta. Dari kelima isi argumen yang ditemukan argumen fakta yang paling banyak dalam teks tanggapan kritis siswa SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58219

Actions (login required)

View Item View Item