Nurdiana (2017) Penggunaan media dalam pembelajaran keterampilan menulis teks fabel, teks biografi, dan teks prosedur di kelas VIII SMP Laboratorium UM / Nurdiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurdiana. 2017. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Fabel Teks Biografi dan Teks Prosedur di Kelas VIII SMP Laboratorium UM. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (2) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci media pembelajaran keterampilan menulis teks fabel teks biografi dan teks prosedur. Media pembelajaran merupakan sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam kegiatan belajar agar tercapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran erat kaitannya denga istilah teknologi pembelajaran atau teknologi pendidikan sumber belajar atau alat peraga. Penggunaan media pembelajaran sangatlah diperlukan karena media pembelajaran selalu berdampingan dengan materi pelajaran terkadang sulit untuk dipisahkan dari sebuah materi pelajaran. Media pembelajaran yang tepat yang digunakan oleh guru dapat memotivasi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran lebih dalam tentang pembelajaran keterampilan menulis teks cerita moral/ fabel teks biografi dan teks prosedur dengan menggunakan media pembelajara pada tahap pramenulis menulis dan pascamenulis yang diterapkan dalam kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Peneliti fokus pada satu isu atau persoalan tertentu yaitu bagaimana pembelajaran keterampilan menulis teks fabel teks biografi teks prosedur dengan menggunakan media pembelajaran yang dilaksanakan pada kelas VIII di SMP Laboratorium UM. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan studi dokumen. Sumber datanya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru dan aktivitas pelaksanaan pembelajaran di SMP Laboratorium UM. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsaan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) media pembelajaran memudahkan dan meringankan tugas guru dalam menyampaikan materi ajar. (2) media pembelajaran dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. (3) media pembelajaran memudahkan siswa dalam memahami materi ajar. (4) media pembelajaran dapat menciptakan pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan. Oleh sebab itu media pembelajaran sangat dibutuhan dalam proses belajar-mengajar Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disampaikan saran kepada (1) kepala sekolah agar memberikan fasilitas media pembelajaran yang memadai untuk menunjang pembelajaran menulis (2) guru agar menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar-mengajar (3) kepada peneliti lain agar melakukan penelitian baru yang sejenis pada keterampilan-keterampilan yang berbeda. ABSTRACT Nurdiana. 2017. The Use of Media in Learning The Skills of Writing Fables Text Biographical Text and Procedures Text at Junior Hihg School in state University of Malang s Laboratory. Thesis. Indonesian Language and Literature Education Study Program. Postgraduate Program of Universitas Negeri Malang. Counselor (1) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (2) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Keywords media in learning writing skill fable text biography text and procedure text Instructional media is a mean of communication employed to deliver message in teaching learning process in order to attain instructional goal. Instructional media related to instructional technology or educational technology. Learning resource and visualization tool. Instructional media is in close proximity with learning material therefore the existence of instructional media is inevitable. With the use of proper media in classroom teacher will able to motivate their students to achieve the goal of instructional. This study aim to gain in-depth description about writing skill of fable biography and procedure texts. Using instructional media in pre-writing whilst writing and post-writing stages and implemented in pre whilst and post teaching activity. The writer used descriptive with case study approachin this research. The main focus of the writer is on particular issue how writing skill instructional of fable biography procedure text by using instructional media are implemented in the eight graders of SMP Laboratorium UM. The data collection procedure was done by interview technique observation and document study. The lesson plan and the process of teaching and learning are the main data sources. The data analysis in this study were done through data reduction data exposure interpretation of conclusion The finding of the study showed that (1) the use of instructional media assist teacher in delivering teaching material (2) students motivation is fostered through the use of instructional media (3) instructional medial helps students to comprehend teaching material (4) enhancing the positive classroom atmosphere. Therefore the use of instructional media are indispensable in teaching learning process. Based on the findings the writer suggested (1) the principal is expected to provide sufficient instructional media to assist writing instructional activities (2) the teacher is expected to employ various media in teaching learning process (3) for further researcher is expected to conduct another research toward another skills
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58171 |
Actions (login required)
View Item |