Pengaruh metode pertanyaan terarah (guided question) terhadap kemampuan menulis sinopsis cerpen siswa kelas XI MAN 1 Malang / Muhammad Sulthoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pertanyaan terarah (guided question) terhadap kemampuan menulis sinopsis cerpen siswa kelas XI MAN 1 Malang / Muhammad Sulthoni

Sulthoni, Muhammad (2017) Pengaruh metode pertanyaan terarah (guided question) terhadap kemampuan menulis sinopsis cerpen siswa kelas XI MAN 1 Malang / Muhammad Sulthoni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulthoni Muhammad. 2016. Pengaruh Pertanyaan Terarah Terhadap Kemampuan Menulis Sinopsis Siswa Kelas XI MAN 1 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurchasanah M.Pd (II) Dr. Nita Widiati M.Pd Kata kunci pertanyaan terarah menulis sinopsis Menulis merupakan salah satu diantara empat kemampuan berbahasa yaitu mendengar berbicara membaca dan menulis. Dalam kurikulum KTSP aspek pembelajaran bahasa Indonesia didasari oleh empat kemampuan tersebut. Dalam kurikulum 2013 empat aspek kemampuan berbahasa memang tidak disebutkan secara rinci dan jelas akan tetapi secara tersirat semua kompetensi pembelajarannya tidak lepas dari empat kemampuan berbahasa. Kompetensi menulis sinopsis tercantum dalam kurikulum 2013 yaitu pada KD 4.4 untuk kelas XI. Maka dari itu diperlukan sebuah metode yang dapat mengoptimalkan kemampuan menulis sinopsis tersebut yaitu dengan metode pertanyaan terarah. Untuk itu masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh pertanyaan terarah terhadap kemampuan menulis sinopsis siswa kelas XI kemampuan menulis sinopsis yang diukur meliputi (1) aspek isi (2) aspek struktur (3) aspek bahasa. Sesuai dengan rumusan masalah rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan kuasi eksperimen (Quasi-experiment) dengan model rancangan control goup pretest-postest. Data dalam penelitian ini berupa skor kemapuan menulis sinopsis yang meliputi (1) aspek isi (2) aspek struktur (3) aspek bahasa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Malang. Sampel penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI Mia 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Mia 5 sebagai kelas kontrol. Penetapan sampel tersebut menggunakan tekni sampel bertujuan. Digunakannya teknik ini didasarkan pada tiga pertimbangan yaitu (1) kelas yang dipilih diajar oleh guru yang sama (2) kelas yang dipilih sama-sama kelas reguler (3) kelas yang dipilih mempunyai kesamaan prestasi dari segi akademik dan nonakademik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tes dan panduan penilaian menulis sinopsis. Tes diujicobakan ke kelas lain yang diasumsikan memiliki karakter yang sama dengan kelas subjek penelitian. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas uji homogenitas uji beda dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 21 for Windows. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertanyaan terarah berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis sinopsis cerpen siswa kelas XI MAN 1 Malang pada taraf signifikansi 0 05. Secara khusus hasil penelitian dijabarkan menjadi tiga. Pertama pertanyaan terarah berpengaruh secara signifikan terhadap aspek isidilihat dari angka signifikansi yang diperoleh yaitu 0 000. Dengan demikian hipotesis pengaruh pertanyaan terarah terhadap isi diterima. Kedua pertanyaan terarah berpengaruh secara signifikan terhadap aspek struktur dilihat dari angka signifikansi yang diperoleh yaitu 0 045. Dengan demikian hipotesis pengaruh pertanyaan terarah terhadap aspek struktur diterima. Ketiga pertanyaan terarah berpengaruh secara signifikan terhadap aspek bahasa dilihat dari angka signifikansi yang diperoleh yaitu 0 000. Dengan demikian hipotesis pengaruh pertanyaan terarah terhadap bahasa diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan (1) agar guru menggunakan pertanyan terarah dalam pembelajaran menulis sinopsis cerpen karena hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan terarah berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis sinopsis siswa (2) peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini menjadi penelitian dengan model yang berbeda seperti PTK atau bisa juga digunakan sebagai latihan pada bahan ajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58138

Actions (login required)

View Item View Item