Pengembangan media interaktif mufrodat pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab kelas 3 Sekolah Dasar Islam Miftahul Ulum Kediri / Fatra Hadi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif mufrodat pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab kelas 3 Sekolah Dasar Islam Miftahul Ulum Kediri / Fatra Hadi Kurniawan

Kurniawan, Fatra Hadi (2015) Pengembangan media interaktif mufrodat pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab kelas 3 Sekolah Dasar Islam Miftahul Ulum Kediri / Fatra Hadi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Fatra Hadi.Wedi Agus. Adi Eka Pramono. 2015 Pengembangan media interaktif mufrodat Pada mata pelajaran pendidikan bahasa arab kelas 3 sekolah dasar islam miftahul ulum kediri. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Wedi M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata kunci Pengembangan Media Interaktif Pendidikan Bahasa Arab Mufrodat Media interaktif merupakan penggunaan media dalam proses pembelajaran yang penyampaiannya melalui media komputer dan bersifat dua arah. Pengembangan media interaktif ini dilakukan dengan tujuan mempermudah siswa dan menghasilkan produk media interaktif yang layak digunakan untuk pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab kelas 3 materi pengenalan Mufrodat di SD Islam Miftahul Ulum Kediri. Media interaktif Pengenalan Mufrodat ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari media ini antara lain mudah dioperasikan dengan navigasi yang jelas tidak membosankan media bersifat interaktif dilengkapi dengan petunjuk pemanfaatan dan kuis Sedangkan kekurangan media ini adalah media ini hanya terbatas pada pokok materi pengenalan Mufrodat. Model pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengadopsi model pengembangan Lee dan Owens (2004) sebagai dasar pengembangan media interaktif untuk pengenalan Mufrodat. Alasan dasar menggunakan model pengembangan ini karena dalam pengembangan media interaktif ini membutuhkan banyak analisis mulai dari analisis awal hingga akhir Pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket yang disebar kepada dua ahli media guru mata pelajaran Pendidikan Bahasa Arab sebagai ahli materi uji coba perorangan sebanyak 5 siswa dan uji lapangan sebanyak 20 siswa kelas 3 SD Islam Miftahul Ulum Kediri. Hasil pengembangan media interaktif ini dinyatakan dalam kualifikasi valid/layak berdasarkan analisis sebagai berikut validasi ahli media 80% ahli materi 89 17% uji coba perorangan 93 46% dan uji coba lapangan 90 67%. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa terdapat 20 orang berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar dan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SD Islam Miftahul Ulum Kediri dapat diambil kesimpulan bahwa media interaktif pengenalan Mufrodat pada mata pelajaran Pendidikan Bahasa Arab valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item