Pengembangan Blog Pena - Ilmiah sebagai media pelatihan menullis artikel ilmiah bagi guru / Zulmy Faqihuddin Putera - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Blog Pena - Ilmiah sebagai media pelatihan menullis artikel ilmiah bagi guru / Zulmy Faqihuddin Putera

Putera, Zulmy Faqihuddin (2015) Pengembangan Blog Pena - Ilmiah sebagai media pelatihan menullis artikel ilmiah bagi guru / Zulmy Faqihuddin Putera. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putera Zulmy Faqihuddin. Pengembangan Blog Pena-Ilmiah Sebagai Media Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Bagi Guru. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Blog Media Pelatihan Artikel Ilmiah Menulis artikel ilmiah merupakan salah satu bentuk kegiatan menulis dengan didasarkan pada kemampuan yang berpikir logis serta dapat dipertanggungjawabkan. Menulis artikel ilmiah merupakan salah satu jenis dari sebuah karya ilmiah selain makalah serta laporan penelitian. Penulisan artikel ilmiah sangat penting dalam meningkatkan kompetensi serta profesionalitas guru. Publikasi artikel ilmiah masih kurang dilakukan atau diminati oleh guru disebabkan belum tersedianya media pelatihan yang mendukung proses kegiatan penulisan artikel ilmiah. Maka dari itu media dibutuhkan untuk mengatasi dan mendukung publikasi ilmiah dalam hal ini artikel ilmiah oleh guru Tujuan pengembangan media ini adalah menghasilkan wujud blog sebagai media pelatihan penulisan artikel ilmiah pada dan menghasilkan kelayakan blog sebagai media pelatihan penulisan artikel ilmiah pada guru. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi. Adapun langkah-langkah penelitian media yang digunakan adalah sebagai berikut (1) penelitian / mengidentifikasi kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) validasi ahli (5) revisi produk awal (6) ujicoba pemakaian I (7) revisi produk I (8) ujicoba pemakaian II dan (9) revisi produk II/akhir. Media ini terintegrasi dengan jaringan internet dan penggunaanya terlebih dulu harus login ke alamat blog. Tampilan blog berisi sembilan menu utama yaitu (1) Beranda (2) Tentang Artikel Ilmiah (3) Jenis Artikel Ilmiah (4) Bahasa Ilmiah (5) Penulisan (6) Penyuntingan (7) Publikasi (8) Papan Karya dan (9) Bacaan Pengayaan. Posting yang ditampilkan oleh ke tujuh menu utama yang disertai submenu-submenu berkaitan dengan materi disertai juga bagan dan gambar yang mendukung. Hasil uji media blog pada aspek materi yakni kesesuaian materi kelengkapan materi dan kejelasan contoh dan evaluasi dengan ahli materi dan uji lapangan menunjukkan kelayakan rata-rata sebesar 81 9% dan uji lapangan sebesar 84 7%. Hasil tersebut tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut dinyatakan valid dan siap diimplementasikan. Hasil uji media blog pada aspek tampilan yakni kemenarikan tampilan media keinteraktifan dan ketepatan penggunaan bahan pendukung dan kejelasan alur mesia dengan ahli materi dan uji lapangan menunjukkan kelayakan rata-rata sebesar 83 3% dan uji lapangan sebesar 81 2%. Hasil tersebut tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut dinyatakan valid dan siap diimplementasikan. namun perlu direvisi pada aspek materi yakni kedalaman materi dan kejelasan contoh serta pada aspek tampilan yakni pemilihan font dan penyajian navigasi berdasarkan saran oleh ahli dan uji lapangan pemakai. Dari penjabaran hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan. Produk yang telah dikembangkan diharapkan bukan sebagai pengganti buku maupun pengganti namun bertujuan sebagai media alternatif dalam mencari informasi secara fleksibel tanpa terikat wakt jadi guru diharapkan tetap buku referensi yang lain untuk menunjang literatur yang berkaitan dengan penulisan artikel ilmiah. Pengembangan lebih lanjut disarankan untuk mengembangkan produk media blog penulisan artikel ilmiah bagi guru yang lebih kompleks sesuai dengan tuntutan misalnya website utuh dan untuk pembelajaran yang lebih luas tidak hanya pembelajaran menulis artikel ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58063

Actions (login required)

View Item View Item