Keefektifan pendayagunaan monitor dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi tahun pelajaran 2012/2013 / Slamet Prihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pendayagunaan monitor dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi tahun pelajaran 2012/2013 / Slamet Prihatin

Prihatin, Slamet (2015) Keefektifan pendayagunaan monitor dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi tahun pelajaran 2012/2013 / Slamet Prihatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihatin Slamet. 2014. Keefektifan Pendayagunaan Monitor dalam Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi Tahun 2012/2013. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dawud M.Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata kunci pendayagunaan monitor teks berita menulis teks berita Menulis teks berita merupakan kompetensi dasar yang diajarkan di kelas VIII SMP. Pembelajaran menulis teks berita dimaksudkan agar siswa mempunyai kemampuan untuk menulis teks berita dengan memperhatikan isi dan struktur serta kaidah kebahasaan. Kekurangmampuan siswa dalam menulis teks berita terutama yang menyangkut penerapan kaidah kebahasaan meliputi pemakaian ejaan pilihan kata penggunaan kalimat dan kepaduan paragraf mengharuskan guru untuk senantiasa mencari alternatif pemecahannya. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks berita tersebut adalah dengan pendayagunaan monitor. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah (1) mendeskripsikan keefektifan pendayagunaan monitor pada pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi tahun pelajaran 2012/2013 dalam menerapkan pemakaian ejaan (2) mendeskripsikan keefektifan pendayagunaan monitor pada pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi tahun pelajaran 2012/2013 dalam menerapkan pilihan kata (3) mendeskripsikan keefektifan pendayagunaan monitor pada pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi tahun pelajaran 2012/2013 dalam menerapkan penggunaan kalimat dan (4) mendeskripsikan keefektifan pendayagunaan monitor pada pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi tahun pelajaran 2012/2013 dalam menerapkan kepaduan paragraf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen. Penelitian ini menggambarkan perkembangan kondisi yang terjadi pada subjek penelitian setelah dilakukan perlakuan tertentu (treatment) berupa pendayagunaan monitor pada kelompok eksperimen dalam pembelajaran menulis teks berita. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2013 dengan mengambil kelas VIII G sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol. Prosedur pengumpulan data dilakukan dalam bentuk pretes dan postes. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mendapatkan pretes dan postes yang sama. Perkembangan hasil pretes dan postes pada kedua kelompok dibandingkan dan dianalisis dengan uji-t menggunakan teknik analisis Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 16. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wlingi tahun pelajaran 2012/2013 dengan pendayagunaan monitor (1) tidak lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam meningkatkan kemampuan menerapkan pemakaian ejaan (2) lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam meningkatkan kemampuan menerapkan pilihan kata (3) lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam meningkatkan kemampuan menerapkan penggunaan kalimat dan (4) tidak lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam meningkatkan kemampuan menerapkan kepaduan paragraf. Berdasarkan kepada hasil-hasil yang didapatkan dalam penelitian ini hendaknya guru bahasa Indonesia untuk menerapkan strategi pendayagunaan monitor secara tepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya dalam menulis teks berita. Kepala sekolah diharapkan dapat memfasilitasi guru-guru agar dapat mengadakan penelitian serupa sehingga mereka dapat meningkatkan kompetensinya. Di samping itu para peneliti berikutnya hendaknya ada yang tertarik untuk meneliti bidang kajian monitor kebahasaan mengingat penelitian di bidang ini di Indonesia masih belum banyak. Mengingat hasil yang didapatkan dari pendayagunaan monitor dalam penelitian ini belum semuanya mendatangkan dampak yang signifikan penelitian selanjutnya bisa dilakukan dengan strategi yang berbeda dan durasi waktu yang lebih panjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58052

Actions (login required)

View Item View Item