Nurjanah, Elen (2015) Pengembangan buku ajar menulis cerpen dengan stimulus komik buta untuk siswa SMP kelas VII / Elen Nurjanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurjanah Elen. 2015. Pengembangan Buku Ajar Menulis Cerpen dengan Stimulus Komik Buta untuk Siswa SMP Kelas VII. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II)Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata kunci buku ajar menulis cerpen komik buta Menulis cerpen merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP kelas VII. Kompetensi dasar tentang menulis cerpen terdapat pada Kompetensi Dasar4.2 menyusun teks cerpen sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan dan 4.3 menelaah dan merevisi teks cerpen sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan. Terdapat beberapa problem dalam pembelajaran menulis cerpen di sekolah yakni kurangnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen dan tidak tersedianya buku ajar menulis cerpen yang memadai. Oleh karena itu dikembangkan buku ajar untuk mengatasi masalah tersebut. Buku ajar yang dikembangkan untuk pembelajaran menulis cerpen menggunakan pendekatan ilmiah dengan memanfaatkan komik buta. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan buku ajar menulis cerpen dengan stimulus komik buta untuk siswa SMP kelas VII (2) mendeskripsikan hasil uji keefektifan penggunaan buku ajar menulis cerpen dengan stimulus komik buta untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan.Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model prosedural atau bertahap yang mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall.Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri atas tiga kelompok uji yakni ahli praktisi dan siswa. Data penelitian dan pengembangan terdiri atas hasil uji ahli dan uji lapangan mengenai (1) materi dalam buku ajar menulis cerpen (2) penyajian buku ajar menulis cerpen (3) penggunaan bahasa dalam buku ajar menulis cerpen dan (4) saran dan pertimbangan dari ahli dan praktisi tentang pengembangan buku ajar menulis cerpen.Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data verbal dan data nonverbal. Data verbal berupa informasi lisan maupun tertulis yang diperoleh dari (1) hasil penilaian buku ajar yang berupa saran oleh ahli dan praktisi dan (2) hasil wawancara terhadap guru saat studi pendahuluan. Data nonverbal diperoleh dari nilai siswa dalam menulis cerpen.Instrumen dalam penelitian ini ada tiga yakni (1) pedoman wawancara (2) angket dan (3) bahan tes dan panduan penilaian. Hasil analisis data uji berdasarkan aspek isi/materi (1)uji ahli materi diperolehpersentase kelayakan sebesar 87% (2) uji ahli pembelajaran diperoleh persentase kelayakan sebesar 86% (3) uji praktisi diperolehpersentase kelayakan sebesar 93% dan (4)uji lapangan diperoleh persentase kelayakan sebesar 89%.Dengan demikian isi/materi buku ajar ini layak. Hasil analisis data uji berdasarkan aspek penyajian (1) uji ahli pembelajaran diperoleh persentase kelayakan sebesar 80% (2) uji praktisi diperolehpersentase kelayakan sebesar 100% dan (3) uji lapangandiperolehpersentase kelayakan sebesar 85%.Dengan demikian penyajian buku ajar ini layak. Hasil analisis data uji berdasarkan aspek kebahasaan (1) uji ahli pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diperoleh persentase kelayakan sebesar 80% (2) uji praktisi diperolehpersentase kelayakan sebesar 100% dan (3) uji lapangandiperoleh persentase kelayakan sebesar 90 5%. Dengan demikian kebahasaan buku ajar ini layak. Revisi produk dilakukan berdasarkan penilaian dan saran-saran yang diberikan oleh ahli dan praktisi. Hasil revisi pada aspek isi/ materi (1) buku ajar ini memuat tinjauan kompetensi kalimat motivasi dan pengantar di awal bab (2) penilaian lebih menarik (3) teks cerpen lebih berkualitas (4) cerpen dan komik bertema masalah atau kehidupan sehari-hari dan (5) contoh yang disajikan lebih mendalam tentang unsur intrinsiknya. Hasil revisi pada aspek penyajian yakni bagian terakhir komik dipotong (agar siswa menentukan sendiri penyelesaian ceritanya) dan riwayat hidup penulis di bagian penyudah. Hasil revisi pada aspek kebahasaan yakni kata pengantar lebih komunikatif dan interaktif serta penulisan ejaansudah benar. Berdasarkan kajian di atas disarankan kepada siswa dan guru untuk memanfaatkan buku ajar menulis cerpen ini sebagai penunjang proses pembelajaran menulis cerpen. Saran untuk diseminasi ditujukan kepada semua pihak agar produk dapat disebarluaskan melalui website di internet. Kepada peneliti selanjutnya disarankan sebaiknya uji lapangan dilakukan pada subjek yang lebih luas.Peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan produk sebagai pijakan untuk mengembangkan produk bahan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58033 |
Actions (login required)
View Item |