Pengembangan bahan ajar menulis surat dinas melalui pendekatan kontekstual dengan strategi alilis surmatingniting untuk siswa SMPN 1 Paciran Kabupaten Lamongan / Laila Tri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis surat dinas melalui pendekatan kontekstual dengan strategi alilis surmatingniting untuk siswa SMPN 1 Paciran Kabupaten Lamongan / Laila Tri Lestari

Lestari, Laila Tri (2015) Pengembangan bahan ajar menulis surat dinas melalui pendekatan kontekstual dengan strategi alilis surmatingniting untuk siswa SMPN 1 Paciran Kabupaten Lamongan / Laila Tri Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Laila Tri. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Surat Dinas Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Alilis Surmatingniting untuk Siswa SMPN I Paciran Kabupaten Lamongan. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryo HS. SH. M.Hum (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata Kunci bahan ajar menulis surat dinas pendekatan kontekstual strategi Alilis Surmatingniting Menulis surat dinas merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai di SMP/MTs. Siswa diharuskan mampu menulis surat dinas dengan memperhatikan bentuk isi dan bahasa surat. Siswa diharapkan dapat menulis surat dengan baik dan benar serta sesuai dengan pedoman penulisan surat. Pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas memerlukan berbagai sarana pembelajaran agar hasil tulisan siswa lebih baik. Salah satu sarana yang diperlukan adalah bahan ajar. Pengembangan bahan ajar didasarkan pada kebutuhan siswa pada kelengkapan materi penulisan surat dinas dan sebagian siswa mengalami kesulitan penulisan surat dinas dengan menggunakan bahasa baku dan ejaan yang tepat. Kesulitan yang dialami oleh siswa penggunaan kalimat yang efektif dalam penulisan surat. Kegiatan pembelajaran menulis surat dinas ini maka membutuhkan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan yang tepat salah satunya dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Keterlibatan siswa secara penuh menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Pendekatan ini dapat diterapkan dalam bentuk modelling. Strategi Alilis Surmatingniting diturunkan dari pendekatan kontekstual yang didesain khusus untuk pembelajaran menulis surat dinas. Strategi ini terdiri atas delapan kegiatan. Delapan kegiatan tersebut dirinci menjadi tiga kegiatan pokok yaitu (1) kegiatan pramenulis mengamati contoh surat dinas dan mengenali bagian-bagian surat (2) kegiatan menulis menulis bagian-bagian surat dinas dan menulis surat dan (3) pascamenulis mencermati penulisan kata menyunting sistematika dan bahasa surat dinas menilai kemampuan menulis surat dinas dan menyimpulkan hal-hal penting yang berkaitan dengan penulisan surat dinas. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan studi pendahuluan pembelajaran menulis surat dinas (2) menghasilkan prototipe bahan ajar menulis surat dinas melalui pendekatan kontekstual dengan strategi Alilis Surmatingniting dan (3) mendeskripsikan hasil uji keefektifan penggunaan bahan ajar menulis surat dinas dengan menggunakan strategi Alilis Surmatingniting. Penelitian ini menggunaakan model pengembangan dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi peneliti menjadi 7 langkah pengembangan. Berikut i langkah-langkahnya (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan meliputi rancangan produk yang akan dihasilkan dan proses pengembangannya (3) pengembangan produk awal (materi pengajaran buku panduan dan alat evaluasi) (4) uji coba lapangan awal (5) revisi produk utama (6) uji coba lapangan (7) revisi produk akhir. Prosedur penelitian telah dimodifikasi peneliti. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dan anggaran. Uji produk bahan ajar dilakukan kepada (1) ahli penulisan materi (2) ahli pembelajaran (3) ahli desain tampilan (4) praktisi (Guru) dan (5) uji siswa. Uji produk bahan ajar menghasilkan data yang diperoleh dari angket lembar balikan dan wawancara bebas. Data penelitian ini berupa data verbal dan data nonverbal. Data verbal berupa komentar dan saran perbaikan dari ahli dan praktisi sedangkan data nonverbal berupa skor penilaian. Uji coba produk bahan ajar terakhir dilakukan kepada siswa. Hasil penelitian meliputi (1) deskripsi studi pendahuluan (a) analisis kebutuhan (b) kurikulum dan bahan ajar isi materi kegiatan dan evaluasi pada bahan ajar (b) analisis karakteristik siswa dan (c) pemilihan bahan dan materi. Data tersebut menunjukkan pembelajaran menulis surat dinas di sekolah membutuhkan bahan ajar untuk dikembangkan. (2) hasil pengembangan bahan ajar yang terdiri dari 3 bab meliputi (a) pelajaran 1 mengamati contoh surat (b) pelajaran 2 mengenali bagian-bagian surat dinas dan menuliskannya dan (c) pelajaran 3 menyunting surat dinas dan (3) hasil uji keefektifan dari masing-masing subjek uji coba menunjukkan bahan ajar ini layak dan siap untuk digunakan dalam pembelajaran. Rincian skor penilaian uji ahli di bahas sebagai berikut. Hasil uji ahli materi diperoleh skor penilaian 91 6% tergolong sangat layak diimplementasikan. Hasil penilaian ahli pembelajaran diperoleh skor penilaian 93.75% tergolong sangat layak diimplementasikan. Hasil skor penilaian uji ahli tampilan diperoleh skor 81 25% katagori layak. Penilaian ahli praktisi (guru) diperoleh hasil skor penilaian 100% serta hasil uji siswa diperoleh skor penilaian 80 4% katagori layak implementasi. Namun untuk lebih meningkatkan kualitas bahan ajar ada beberapa revisi yang harus dilakukan. Revisi ahli materi penulisan menambah materi surat pribadi dan surat dinas prosedur pembelajaran dan menambah contoh surat pribadi. Revisi ahli pembelajaran gambar motivasi pada bagian pendahuluan dihilangkan. Revisi yang harus diperbaiki menurut ahli tampilan mengganti gambar sampul penambahan desain warna membedakan bagian yang dianggap penting menambah sistematika pada sajian materi mengurangi variasi huruf dan mengubah warna dan gambar yang sesuai. Revisi yang harus diperbaiki menurut praktisi mengubah kata-kata pada bagian pendahuluan. Berdasarkan data tersebut peneliti melakukan perbaikan terhadap bahan ajar. Setelah revisi dilakukan peneliti melakukan uji coba dengan siswa. Hasil uji coba tersebut mengalami peningkatan baik dari penilaian angket siswa maupun dari hasil tulisan siswa. Simpulan penelitian pengembangan menunjukkan bahwa di SMPN I Paciran membutuhkan bahan ajar menulis surat dinas. Bahan ajar yang dikembangkan dengan strategi Alilis Surmatingniting berupa buku penunjang pembelajaran menulis surat dinas. Hasil uji keefektifan bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat diimplementasikan dan layak digunakan dalam pembelajaran menulis surat dinas di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58025

Actions (login required)

View Item View Item