Pengembangan bahan ajar menulis cerpen menggunakan media gambar untuk siswa kelas XI SMK / Dyah Untari Tyashastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis cerpen menggunakan media gambar untuk siswa kelas XI SMK / Dyah Untari Tyashastuti

Tyashastuti, Dyah Untari (2015) Pengembangan bahan ajar menulis cerpen menggunakan media gambar untuk siswa kelas XI SMK / Dyah Untari Tyashastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tyashastuti Dyah Untari. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Menggunakan Media Gambar untuk Siswa Kelas XI SMK. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mudjianto M.Pd. (II) Prof. Dr. Sumadi M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar menulis cerpen media gambar 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran menulis cerpen di SMK kurang diminati siswa. Siswa SMK lebih menyukai hal-hal yang praktis dan riil yang tidak memerlukan pengimajinasian. Berkaitan dengan proses pembelajaran menulis terutama menulis cerpen agar berlangsung dengan baik guru sebagai pembimbing dan fasilitator dituntut mampu menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan dapat memotivasi siswa agar senang menulis cerpen. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan (1) bahan ajar yang memenuhi syarat pengembangan isi bahan ajar (2) bahan ajar yang memenuhi syarat pengorganisasian isi bahan ajar (3) bahan ajar yang memenuhi syarat penggunaan bahasa dalam bahan ajar dan (4) bahan ajar yang memenuhi syarat tampilan bahan ajar. 12288 12288 12288 12288 Empat tahap pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yaitu (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap revisi atau penyempurnaan. Produk hasil pengembangan diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yaitu melalui uji ahli uji praktisi dan uji kelompok kecil (siswa SMK kelas XI). 12288 12288 12288 12288 Data dalam penelitian ini berupa data numerik dan data verbal. Data numerik diperoleh dari hasil penilaian ahli praktisi dan siswa terhadap produk yakni berupa skor. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan. Data verbal tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada lembar penilaian sedangkan data verbal lisan berupa informasi lisan ketika wawancara langsung dengan ketiga kelompok uji. Hasil wawancara selanjutnya ditranskripsikan agar dapat dianalisis. 12288 12288 12288 12288 Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Instrumen pendukung adalah angket penilaian pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tulis dari angket (2) mentranskripkan data verbal lisan (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasi data verbal tulis dan lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data dan menyimpulkan untuk bahan revisi produk bahan ajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar. Bahan ajar tersebut berisi materi tentang cerpen struktur cerpen contoh cerpen yang menggunakan media gambar pembahasan serta latihan. Bahasa yang digunakan adalah ragam formal komunikatif dan logis. Ilustrasi dalam bahan ajar mempertimbangkan kesesuaian dengan siswa SMK kelas XI dan kesesuaian dengan materi yang dibahas. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis ketiga tahap uji coba yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa produk bahan ajar ini layak digunakan untuk pembelajaran. Namun beberapa aspek dalam bahan ajar masih harus direvisi untuk kesempurnaan produk bahan ajar. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan disarankan agar siswa menggunakan bahan ajar ini dalam pembelajaran menulis cerpen mencermati isi bahan ajar dan menanyakan kepada guru jika ada hal-hal yang tidak dimengerti. Guru disarankan menggunakan bahan ajar ini sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran menulis cerpen. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan antara lain dalam forum MGMP dan dapat juga dimuat dalam jurnal penelitian. Langkah-langkah pengembangan dapat dijadikan acuan dalam pengembangan bahan ajar menulis yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58017

Actions (login required)

View Item View Item