Tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Yos Sudarso / Falentinus Bata - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Yos Sudarso / Falentinus Bata

Bata, Falentinus (2014) Tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Yos Sudarso / Falentinus Bata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bata Falentinus. 2014. Tindak Tutur Pujian Guru dalam Interaksi Pembelajaran di SMK Yos Sudarso Ende. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata Kunci tindak tutur pujian guru interaksi pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Interaksi yang baik dilakukan guru terhadap peserta didik merupakan esensi dari sebuah pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas tanggung jawab guru selain memberikan pengetahuan juga motivasi atau rangsangan yang berfungsi sebagai pengarah demi ketercapaian apa yang menjadi harapan. Keberhasilan dalam sebuah pembelajaran sangat bergantung pada usaha guru membangkitkan motivasi belajar murid. Salah satu cara membangkitkan motivasi belajar dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan memberikan pujian. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan wujud tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Yos Sodarso Ende (2) fungsi tindak tutur pujian guru dalam dalam interaksi pembelajaran di SMK Yos Sudarso dan (3) modus tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Yos Sudarso Ende. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif yaitu sasaran penelitian dideskripsikan sacara faktual dan alamiah. Di maksudkan dengan alamiah adalah fenomena yang menjadi sasaran penelitian ini tidak dirancang untuk membuat perlakuan terhadap subjek. Data yang dikumpulkan dideskripsi dengan menggunakan kata-kata dan tidak menggunakan angka-angka. Dengan demikian maka penelitian terhadap tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran digolongkan penelitian berpendekatan kualitatif. Penelitian ini meneliti tindak tutur pujian guru berinteraksi dengan siswa. Data penelitian ini berupa transkripsi data verbal wujud fungsi dan modus tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Yos Sudarso Ende. Sumber data penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran Matematika Bahasa Indonesia PKn dan Ekonomi dari wacana interaksi di kelas. Dalam pengumpulan data melalui observasi peneliti menggunakan perekaman dengan tape recorder catatan lapangan dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam hal ini adalah peneliti sebagai instrumen kunci. sebagai instrumen kunci peneliti melakukan serangkaian proses penelitian mulai perencanaan data penelitian pengumpulan data penganalisian data penafsiran penjelasan makna data dan penyimpulan hasil penelitian. Dalam pelaksanaan penelitian peneliti menggunakan alat bantu berupa lembar pengamatan alat perekaman elektronik dan format analisis data. Lembar pengamatan dan alat perekaman elektronik digunakan oleh peneliti sebagai alat bantu pengumpulan data. Format analisis data digunakan oleh peneliti untuk pengolahan data. Dalam proses pengumpulan data berupa tindak tutur pujian guru peneliti menggunakan teknik pengamatan dan wawancara. Pada saat pengamatan peneliti berusaha seoptimal mungkin dapat menjaring tindak tutur pujian guru melalui pencatatan dalam lembar observasi dan perekaman data secara elektronik. Wawancara yang dilakukan peneliti tidak berstruktur dengan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat tentative dan bersifat situasional. Sedangkan data catatan lapangan meliputi catatan lapangan bersifat deskriptif dan catatan lapangan bersifat reflektif. Analisis data dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi data. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data ada tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama wujud tindak tutur pujian guru yang disampaikan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran dikemukakan sebagai berikut. Pertama wujud tindak tutur pujian guru yang ditemukan beruapa (1) kalimat imperatif (2) kalimat deklaratif dan (3) kalimat interogatif. Wujud tindak tutur pujian guru berupa kalimat imperatif yang ditemukan dalam penelitian ini ada empat yaitu imperatif permintaan pemberian izin suruhan dan larangan. Wujud tindak tutur pujian berupa kalimat deklaratif yang ditemukan yaitu berbentuk kalimat aktif dan kalimat pasif. Sedangkan kalimat interogatif yang ditemukan meliputi kalimat interogatif total dan parsial. 12288 12288 12288 12288 Kedua fungsi tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran di SMk Yos Sudarso Ende memiliki lima jenis. Kelima jenis tersebut meliputi (1) fungsi memperhalus perintah oleh guru kepada siswa (2) fungsi memperhalus teguran oleh guru kepada siswa (3) fungsi memberi penguatan oleh guru kepada siswa (4) fungsi memberi nasihat oleh guru kepada siswa dan (5) fungsi penerimaan siswa terhadap guru. Ketiga modus penyampaian tindak tutur pujian guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Yos Sudarso Ende yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi dua jenis. Kedua jenis modus tersebut adalah (1) modus tuturan langsung dan (2) modus tuturan tidak langsung. Disarankan penelitian ini dikembangkan untuk lebih memfokuskan pada wujud fungsi dan modus pada latar tutur yang berbeda dan konteks yang lain pula.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58015

Actions (login required)

View Item View Item