Bastomy, Miftah Firdaus (2009) Pengembangan metode jarimatika berbasis komputer interaktif materi penembahan dan pengurangan mata pelajaran matematika kelas II SDI Surya Buana Malang / Miftah Firdaus Bastomy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media CD interaktif pembelajaran adalah media pembelajaran yang dalam penyampaiannya memadukan unsur audio dan visual dalam waktu yang bersamaan sehingga dapat menarik minat pengguna. Metode jarimatika berbasis komputer interaktif merupakan suatu media pembelajaran dengan menggunakan komputer yang disajikan dalam bentuk CD-Rom yang berisikan metode berhitung dasar yang membantu anak-anak berhitung dasar tambah kurang kali dan bagi dengan menggunakan jari tangan dimana jari tangan kanan untuk bilangan satuan tangan kiri bilangan puluhan. Kelemahan dari Media CD interaktif ini yang paling mendasar adalah harus ada komputer dengan CD-Romnya. Adapun fokus permasalahannya adalah bagaimana metode jarimatika berbasis komputer interaktif dapat meningkatkan prestasi motivasi belajar siswa juga kesesuaian penggunaan sebagai media pembelajaran. Tujuan pengembangan media CD interaktif pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah pembelajaran dan memberi alternatif media belajar Matematika kelas II SD semester I dengan materi Penambahan dan Pengurangan dan juga untuk memberikan motivasi siswa dalam belajar berhitung. Disamping itu juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa gunamencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Karakteristik dari media CD interaktif Pembelajaran adalah menampilkan media pembelajaran berupa audio visual secara bersamaan. CD interaktif pembelajaran divalidasikan kepada ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kelayakan CD interaktif pembelajaran ini diujicobakan. Subyek ujicoba dalam pengembangan media CD interaktif pembelajaran ini adalah siswa kelas II SDI Surya Buana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta menggunakan instrumen berbentuk angket ahli media ahli materi audiens. Untuk hasil belajar siswa digunakan dua kali evaluasi belajar dalam bentuk pre test dan post test. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli media ahli materi dan audiens adalah prosentase sedangkan untuk mengolah hasil belajar siswa digunakan uji tes t. Hasil pengembangan media CD interaktif pembelajaran ini memenuhi kriteria valid atau dapat dikatakan media CD interaktif pembelajaran ini sudah layak untuk diterapkan dengan hasil yakni ahli media 92 5 % ahli materi 91 25 % audiens kelompok kecil 85 83 % dan audiens klasikal 93 6 % sedangkan untuk hasil belajar baik kelompok kecil maupun klasikal menunjukkan t hitung t tabel sehingga ada perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan media CD interaktif pembelajaran ini dari hasil tes siswa itu dapat membuktikan bahwa media CD interaktif pembelajaran ini terbukti efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Saran yang diajukan hendaknya hasil produk CD interaktif pembelajaran ini di tindak lanjuti sehingga dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap pembelajaran di Indonesia. Untuk pengembang CD interaktif pembelajaran berikutnya supaya membuat CD interaktif pembelajaran metode berhitung jarimatika dengan materi perkalian dan pembagian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58 |
Actions (login required)
View Item |