Nilai-nilai dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara / Yuni Purwaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara / Yuni Purwaningsih

Purwaningsih, Yuni (2014) Nilai-nilai dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara / Yuni Purwaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwaningsih Yuni. 2014. Nilai-nilai Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata kunci nilai karakter novel Sepatu Dahlan Hakikat karya sastra bersifat dulce et utile yang berarti menyenangkan dan berguna. Menyenangkan berkenaan dengan cunsummatory value berguna berkenaan dengan contributory value. Penulisan karya sastra pada hakikatnya tidak hanya menyampaikan nilai-nilai estetika namun juga nilai-nilai etik. Dengan karya sastra diharapkan ada pengalaman asimilasi dan akomodasi kognitif dalam pencapaian pengetahuan sekaligus dapat memperoleh pengalaman penghayatan serta proses internalisasi nilai-nilai dalam rangka pembentukan sikap. Sesuai dengan tujuan dan fungsi penulisannya karya sastra dianggap sebagai media yang tepat untuk menyampaikan dan menanamkan nilai-nilai kehidupan. Pada masa kini nilai karakter merupakan isu yang menarik untuk dibahas. Novel Sepatu Dahlan karya Krisna Pabichara yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi (biografi) tokoh Dahlan Iskan ditengarai sarat dengan nilai karakter setidaknya dapat dipetik manfaat positif setelah membaca novel ini. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendiskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat pada novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Nilai-nilai karakter yang dimaksud adalah nilai-nilai karakter dalam hubungannya dengan (1) Tuhan Yang Maha Esa (2) diri sendiri (3) sesama (4) lingkungan dan (5) kebangsaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan struktural semiotik. Data penelitian berwujud paparan kebahasaan tertulis yang mengandung nilai-nilai karakter yang berupa paparan naratif dan kalimat percakapan (dialog) yang menggambarkan karakter perbuatan dan pemikiran tokoh. Data diperoleh melalui kegiatan membaca berulang-ulang kemudian mereduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Sepatu Dahlan terdapat nilai-nilai karakter dalam hubungannya dengan (1) Tuhan Yang Maha Esa (2) diri sendiri (3) sesama (4) lingkungan dan (5) kebangsaan. Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa terwujud dalam nilai (1) beriman dan bertakwa dan (2) bersyukur. Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri terwujud dalam nilai (1) jujur (2) bertanggung jawab (3) disiplin (4) kerja keras (5) percaya diri (6) berpikir logis kritis kreatif dan inovatif (7) mandiri dan (8) cinta ilmu. Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama terwujud dalam nilai (1) menghargai karya dan prestasi orang lain (2) santun dan (3) demokratis. Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan terwujud dalam nilai peduli sosial. Sedangkan nilai karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan terwujud dalam nilai (1) nasionalis dan (2) menghargai keberagaman. Dari hasil temuan disimpulkan bahwa nilai-nilai karakter tersebut dapat digunakan sebagai motivasi dan bahan kajian bagi pembaca untuk bertindak dengan karakter yang baik. Tentunya pembaca harus dapat memilah bahwa dalam novel Sepatu Dahlan juga terdapat perilaku yang menunjukkan karakter tidak baik dan tidak layak dijadikan teladan. Penanaman nilai karakter tidak dapat dilakukan secara cepat namun membutuhkan waktu yang lama berkesinambungan dan bertahap. Motivasi dan kesadaran pribadi untuk selalu berbuat baik dan tidak melanggar aturan agama merupakan dasar yang kuat untuk membentuk manusia dengan karakter baik didukung oleh keteladanan dan pembiasaan orang tua serta lingkungan pergaulan yang sehat. Karakter baik sangat disarankan bagi setiap manusia dalam menjalankan perannya di muka bumi mengingat setiap manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa dengan berbagai kepribadian yang hidup di tengah masyarakat sebagai bagian dari suatu bangsa. Berdasarkan hasil penelitian saran disampaikan kepada pihak berikut. Pertama pembaca agar dapat menjadi referensi sekaligus menggugah minat untuk mempelajari dan menggali nilai-nilai karakter yang terdapat pada karya sastra yang lain khususnya novel. Kedua guru agar dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tertutama pada kegiatan apresisasi sastra dikaitkan dengan nilai-nilai karakter sebagai bekal siswa untuk hidup di masyarakat yang beradab dengan budi pekerti dan etika yang baik serta dapat dijadikan motivasi pada siswa agar gemar membaca sastra yang mengandung muatan-muatan karakter dan nilai-nilai kehidupan yang dapat diaplikasikan pada kehidupan masa kini. Ketiga perpustakaan agar memperbanyak koleksi bacaan fiksi yang bermuatan nilai-nilai moral dan karakter bangsa serta memfasilitasi untuk melakukan bedah buku guna mengulas dan mengkaji lebih mendalam tentang isi buku dengan mendatangkan nara sumber. Keempat penulis buku agar lebih giat menulis buku untuk menambah khasanah sastra Indonesia terutama yang memiliki muatan nilai-nilai kehidupan sekaligus turut membentuk karakter dan moral generasi muda (pembaca). Kelima peneliti selanjutnya agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan rujukan untuk penelitian lanjutan tentang nilai-nilai karakter terhadap karya sastra untuk lebih memperkaya khasanah kajian sastra.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57990

Actions (login required)

View Item View Item