Peningkatan kompetensi membaca intensif melalui teknik SQ3R pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karimun / Erpin Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kompetensi membaca intensif melalui teknik SQ3R pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karimun / Erpin Sulistyowati

Sulistyowati, Erpin (2014) Peningkatan kompetensi membaca intensif melalui teknik SQ3R pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karimun / Erpin Sulistyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulistyowati Erpin. 2013. Peningkatan Kompetensi Membaca Intensif Melalui Teknik SQ3R pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karimun. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imam Syafi ie (II) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd Kata kunci Membaca intensif teknik SQ3R Sekolah Menengah Atas Kemampuan membaca intensif mempunyai peranan yang sangat penting karena dengan membaca intensif dan memahami bacaan yang berkualitas seseorang bisa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebiasaan membaca bahasa Indonesia yang kurang baik berdampak negatif pada tingkat keterbacaan siswa. Untuk mengatasi hal tersebut sangat dibutuhkan usaha dan kreatifitas guru. Penerapan teknik SQ3R dalam pembelajaran membaca intensif merupakan salah satu upaya memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif dengan menggunakan teknik SQ3R siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karimun. Penelitian tindakan kelas ini mengambil setting di SMA Negeri 2 Karimun Kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 40 siswa. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dua siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan perlu adanya pratindakan yaitu identifikasi tentang teknik SQ3R dan kemampuan membaca intensif kemudian dilaksanakan siklus I sebagai penerapan teknik SQ3R dan siklus II sebagai tahap pemantapan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan siswa dan guru selama berlangsungnya pembelajaran di kelas dan analisis kuantitatif yang digunakan terhadap hasil tes kemampuan membaca intensif siswa dengan menggunakan teknik SQ3R. Hasil penelitian pada siklus I tingkat keterbacaan siswa masih rendah karena masih banyak siswa kurang mampu dalam mengidentifikasi ide pokok bacaan kurang mampu menemukan fakta dan opini kurang mampu menjelaskan pernyataan dalam bacaan dan kurang mampu menceritakan kembali isi bacaan. Hasil penelitian pada siklus II tingkat keterbacaan siswa mengalami peningkatan. Karena sebagian besar siswa sangat mampu dalam mengidentifikasi ide pokok bacaan menjelaskan pernyataan dalam bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran membaca intensif dalam mengidentifikasi ide pokok bacaan menemukan fakta dan opini dalam bacaan menjelaskan pernyataan dalam bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan pada editorial dengan menggunakan teknik SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Saran bagi guru bahasa Indonesia yaitu dapat dijadikan sebagai masukan untuk menambah pengetahuan dan kreatifitas dalam pembelajaran di sekolah. Bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai masukkan dalam melakukan penelitian yang terkait dengan menggunakan teknik SQ3R.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57982

Actions (login required)

View Item View Item