Pengembangan bahan belajar berdasarkan kebutuhan pebelajar pada kelompok belajar paket B di Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Madya Malang / oleh Nur Hanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan belajar berdasarkan kebutuhan pebelajar pada kelompok belajar paket B di Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Madya Malang / oleh Nur Hanifah

Hanifah, Nur (2007) Pengembangan bahan belajar berdasarkan kebutuhan pebelajar pada kelompok belajar paket B di Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Madya Malang / oleh Nur Hanifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hanifah Nur. 2014. Hubungan Persepsi Mahasiswa Baru tentang Program Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) dengan Kedisiplinan di FIP UM. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (II) R. Bambang Sumarsono S.Pd M.Pd. Kata Kunci persepsi kedisiplinan dan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) Orientasi Studi Pengenalan Kampus yang sering disingkat OSPEK yang dilakukan di Universitas Negeri Malang (UM) dinamakan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT). OSPEK yang dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi tertentu terindikasi adanya kekerasan dan pemberian tugas yang berlebihan. Anggapan para mahasiswa baru tentang OSPEK atau PKPT adalah sesuatu hal yang menyeramkan dengan banyaknya pemberitaan di media dan isu yang beredar di masyarakat membuat mahasiswa takut untuk mengikuti PKPT. Pada dasarnya program PKPT dilaksanakan bertujuan untuk membantu para mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan kehidupan kampus dan segala isi yang ada di lingkungannya baik di bidang akademik maupun non-akademik dan memiliki kesiapan belajar untuk melakukan studi di UM. Pemberian materi dalam pelaksanaan PKPT kepada mahasiswa baru bertujuan agar mereka mempunyai kesiapan mental maupun fisik untuk melakukan aktifitas kampus di UM serta dapat menyelesaikan studinya dengan cepat dan prestasi yang dapat dibanggakan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat persepsi mahasiswa baru tentang program PKPT di FIP UM mengetahui tingkat kedisiplinan mahasiswa baru di FIP UM dan mengetahui hubungan persepsi mahasiswa baru tentang program PKPT dengan kedisiplinan mahasiswa di FIP UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif-korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan populasi mahasiswa baru FIP UM sebanyak 1.050 mahasiswa. Berdasarkan Tabel Krejcie dan Morgan dapat ditentukan jumlah sampel sebanyak 284 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Analisis data menggunakan teknik Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Korelasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat persepsi mahasiswa baru tentang PKPT di FIP UM berada dalam kategori tinggi (2) tingkat kedisiplinan mahasiswa baru di FIP UM berada dalam kategori tinggi (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa baru tentang program PKPT dengan kedisiplinan di FIP UM. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UM hendaknya pelaksanaan program PKPT yaitu pada waktu pelaksanaan kepanitiaan dan metode penyampaian materi dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan lagi sehingga mahasiswa baru dapat memahami bahwa PKPT merupakan proses adaptasi dan pengenalan perguruan tinggi serta pembinaan disiplin. Selain itu hendaknya juga mengembangkan konsep pelaksanaan program PKPT yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman mengingat semakin bertambah kuantitas dan kualitas mahasiswa baru dari tahun ke tahun sehingga dapat memberikan arahan dan informasi yang lebih mendidik dan terarah (2) Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIP UM hendaknya terus meningkatkan pelaksanaan program PKPT dengan mengembangkan konsep materi dan pembinaan disiplin pada mahasiswa baru untuk dapat mencapai tujuan pelaksanaan PKPT. Meningkatkan pelaksanaan PKPT dengan mengevaluasi hasil pelaksanaan PKPT di tahun-tahun sebelumnya sehingga dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru bahwa PKPT merupakan ajang pengenalan perguruan tinggi guna mempercepat adaptasi dengan lingkungan dan dapat menggapai masa depan serta siap belajar sebagai mahasiswa di UM (3) Badan Eksekutif Mahasiswa FIP UM hendaknya peran BEM dapat ditingkatkan dan lebih dioptimalkan lagi agar mahasiswa baru mudah memperoleh segala informasi tentang UM karena pada dasarnya mahasiswa baru itu membutuhkan bantuan pendampingan dan pengarahan untuk lebih mengenal UM (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian atau referensi dalam matakuliah yang relevan guna kemajuan dan peningkatan kualitas perkuliahan dan dapat mengembangkan ilmu manajemen pendidikan yang berhubungan dengan manajemen peserta didik khususnya program PKPT (5) Peneliti Lain penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan oleh peneliti lain dengan melakukan penelitian terkait persepsi mahasiswa baru tentang OSPEK dengan cakupan lokasi yang lebih luas tidak hanya di UM tetapi juga di kampus lain atau tentang pelaksanaan PKPT antara Tahun 2010 s.d. 2014 dan pengaruhnya terhadap etika dan moral mahasiswa UM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57894

Actions (login required)

View Item View Item