Identifikasi kebutuhan belajar orang tua anak hiperaktif (studi fenomenologi proses penerimaan diri) / Fauziah Hermawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kebutuhan belajar orang tua anak hiperaktif (studi fenomenologi proses penerimaan diri) / Fauziah Hermawati

Hermawati, Fauziah (2018) Identifikasi kebutuhan belajar orang tua anak hiperaktif (studi fenomenologi proses penerimaan diri) / Fauziah Hermawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hermawati Fauziah. 2017. Identifikasi Kebutuhan Belajar Orang Tua Anak Hiperaktif (Studi Fenomenologi Proses Penerimaan Diri). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Umi Dayati M.Pd. (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd. M.Pd. Kata Kunci proses penerimaan diri identifikasi kebutuhan belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses penerimaan diri orang tua anak hiperaktif ragam kebutuhan dan metode pembelajaran yang efektif. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologi. Informan kunci ada 4 orang tua anak hiperaktif yaitu Ibu MU Bapak SG Bapak SB dan Ibu EW. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi sumber teknik dan waktu. Tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut 1) Fase-fase penerimaan diri yang bisa dialami orang tua anak hiperaktif meliputi fase kaget nganti ora kuwat dlawat ora percoyo nglawan ngamuk molak-malik judeg pasrah bongkoan dan melu ndidik. Orang tua anak hiperaktif mengalami dinamika fase penerimaan diri yang berbeda-beda dan panjang-pendeknya fase-fase tersebut tergantung proses belajar serta pendampingan yang dilalui. Semakin banyak belajar dan semakin cepat mendapat bantuan pendampingan maka semakin pendek fase penerimaan diri yang dialami orang tua dan semakin baik perkembangan anak hiperaktif 2) Orang tua anak hiperaktif memiliki 6 kebutuhan belajar untuk menjalankan peran sebagai orang tua yang dapat menerima dan aktif mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu pemahaman tumbuh kembang anak pemahaman karakteristik anak hiperaktif pemahaman cara penanganan anak ketrampilan mengasuh ketrampilan mendidik kemampuan mengelola diri dan kemampuan mengelola masalah 3) Metode pembelajaran orang tua anak hiperaktif yang efektif adalah menggunakan pendekatan strategi penyampaian pembelajaran strategi pengelolaan dan teknik penyampaian pembelajaran. Pendekatan pembelajaran orang tua anak hiperaktif meliputi nyelesekno masalah ndidik ngancani dan mbukak pikiran. Pendekatan ini berupaya menyuguhkan pembelajaran yang aplikatif banyak praktek sebagai penyelesaian masalah bisa merubah prilaku penuh empati dan mampu membuka pemikiran yang salah. Strategi penyampaian yang dipakai adalah njelasno nakoni ngancani mraktekno dan mbukak pikiran. Strategi penyampaian pembelajaran orang tua ini searah dengan strategi didaktif sokratif fasilitatif eksperiensial dan transformatif. Strategi pengelolaannya adalah ijenan dan barengan. Strategi ijenan atau individual dan barengan atau kelompok dipakai sesuai dengan kebutuhan dan kondisi orang tua anak hiperaktif. Teknik penyampaian pembelajaran yang sesuai adalah menggunakan ceramah campur-campur rembugan pendampingan demonstrasi dan seminar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian di atas maka disarankan hal-hal sebagai berikut 1) secara teoritis hasil penelitian digunakan sebagai tambahan khasanah keilmuan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) berupa identifikasi kebutuhan belajar orang tua anak hiperaktif 2) secara praktis hasil penelitian untuk membantu mempercepat proses penerimaan diri orang tua terhadap anaknya yang mengalami gangguan hiperaktif digunakan sebagai pengembangan model parenting inklusi dan untuk peningkatan pelayanan anak hiperaktif di rumah lembaga PAUD dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57884

Actions (login required)

View Item View Item