Pemikaran tuan guru Muhammad Subki Sasaki tentang pendidikan Liberal (Studi tokoh Subki Sasaki tentang pendidikan kebangsaan, keagamaan, dan kebudayaan) / Ahmad Yani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemikaran tuan guru Muhammad Subki Sasaki tentang pendidikan Liberal (Studi tokoh Subki Sasaki tentang pendidikan kebangsaan, keagamaan, dan kebudayaan) / Ahmad Yani

Yani, Ahmad (2017) Pemikaran tuan guru Muhammad Subki Sasaki tentang pendidikan Liberal (Studi tokoh Subki Sasaki tentang pendidikan kebangsaan, keagamaan, dan kebudayaan) / Ahmad Yani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yani Ahmad. 2017. Pemikiran Tuan Guru Subki Sasaki Tentang Pendidikan Liberal (Studi Tokoh Subki Sasaki Tentang Pendidikan Kebangsaan Keagamaan dan Kebudayaan). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ach. Rasyad (2) Supriyono Kata-Kata Kunci Pendidikan liberal pendidikan kebangsaan pendidikan keagamaan pendidikan kebudayaan Pendidikan Luar Sekolah Kedudukan tuan guru dalam masyarakat sasak di Pulau Lombok sangat penting dalam hal keagamaan dan dalam sosial kemasyarakatan. Tuan guru mempunyai peran yang sangat penting dalam memberi landasan-landasan keagamaan terhadap berbagai macam masalah yang dihadapi masyarakat sehingga corak situasi dan kondisi masyarakat akan terlihat dari peran penting seorang tuan guru. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan mengetahui (1) Pendidikan liberal menurut Tuan Guru Muhammad Subki Sasaki (2) Pemikiran pendidikan kebangsaan menurut Tuan Guru Muhammad Subki Sasaki (3) Pemikiran pendidikan keagamaan menurut Tuan Guru Muhammad Subki Sasaki (4) Pemikiran pendidikan kebudayaan menurut Tuan Guru Muhammad Subki Sasaki (5) Bagaimana latar belakang pemikiran Tuan Guru Muhammad Subki Sasaki terkait dengan tiga pilar pendidikan (6) Bagaimana karakteristik pendidikan kebangsaan keagamaan dan kebudayaan menurut Tuan Guru Muhammad Subki Sasaki (7) Bagaimana implementasi pendidikan kebangsaan keagamaan dan kebudayaan dalam pendidikan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi tokoh. Lokasi penelitian ini di Dusun Plulan Desa Kuripan Utara Kabupaten Lombok Barat. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dokumentasi dan observasi partisipatif. Teknik analisis data dilakukan secara induktif seperti (1) Menemukan pola atau tema tertentu (2) Mencari hubungan antar pemikiran narasumber dalam berbagai bidang (3) Mengklasifikasikan dalam arti membuat pengelompokan kedalam berbagai bidang atau aspek pendidikan yang sesuai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan. Pertama Pemikiran Tuan Guru Muhammad Subki Sasaki tentang pendidikan kebangsaan adalah pendidikan yang menekankan pada ajaran nilai pancasila sebagai dasar negara untuk menyatukan Cipta Rasa dan Karsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan makmur yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara 1945 serta menumbuh kembangkan pemahaman dan kesadaran berbangsa dengan memupuk patriotisme serta nasionalisme sebagai warga negara yang baik yang memiliki keberagaman suku bangsa ras agama serta budaya untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan. Saran dalam penelitian ini kepada prodi Pendidikan Luar Sekolah ialah hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi sebuah tambahan khazanah pengetahuan mengenai landasan penyelenggaraan Pendidikan Luar Sekolah yang sukarela merdeka bebas serta demokratis terhadap penyelenggaraan program pendidikan luar sekolah yang dijadikan sebagai landasan dalam bertindak. Kedua untuk pemerintah khususnya para pemegang kebijakan pendidikan yang ada di indonesia yakni pemerintah dalam hal ini Kemendikbud dan para pendidik yang bergerak dalam bidang pendidikan luar sekolah untuk memikirkan pilihan-pilihan yang sesuai dengan konteks yang relevan dalam dunia pendidikan dengan realitas yang dialami oleh sasaran penyelenggaraan pendidikan yang semakin tidak jelas arah dan tujuannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57867

Actions (login required)

View Item View Item