Purwati (2011) Kepemilikan bahan ajar dan hubungannya dengan hasil belajar pada warga belajar program paket B di Kabupaten Situbondo / Purwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyono M.Pd. dan Pembimbing II Dr. M. Djauzi Moedzakir M.A. Kata kunci pendidikan kesetaraan program paket B bahan ajar hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepemilikan bahan ajar pada warga belajar yang digunakan dalam pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket B setara SMP di Kabupaten Situbondo dan pengaruhnya terhadap hasil belajar pada warga belajar di Kabupaten Situbondo. Penelitian ekspos fakto dengan desain diskriptif ini dilakukan di Kabupaten Situbondo Jawa Timur terhadap warga belajar program pendidikan kesetaraan paket B yang mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan pada tahun ajaran 2007/2008 berjumlah 440 orang. Sampel diambil secara proporsional sebanyak 196 orang. Data tentang tingkat kepemilikan bahan ajar warga belajar digali dengan angket sedangkan data hasil belajar digali dengan dokumen hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis diskriptif dan dilanjutkan dengan uji beda rata-rata dengan teknik uji t atau t-test. Diketahui bahwa warga belajar yang memiliki bahan ajar untuk 5 atau lebih mata pelajaran sebanyak 102 (52 04%) dan selebihnya 94 orang (47 96%) memiliki bahan ajar kurang dari 5 mata pelajaran. Untuk variabel hasil belajar diketahui skor hasil belajar (sekor UNPK) terendah sebesar 28 75 dan skor tertinggi 50 10. Dalam hal ini diketahui bahwa sebagian besar peserta memperoleh skor pada interval 36 44 yaitu sebanyak 110 orang (56 12%). Hanya 4 orang (2 04%) di antara mereka yang memperoleh skor di bawah 36 00. Selanjutnya dari uji t diketahui bahwa tingkat kepemilikan bahan ajar warga belajar program pendidikan kesetaraan paket B setara SMP di Kabupaten Situbondo tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan kata lain hasil belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan Paket B setara SMP di kabupaten Situbondo tidak dipengaruhi oleh tingkat kepemilikan bahan ajar warga belajar. Hasil uji beda rata-rata tersebut menunjukkan bahwa ketersediaan bahan ajar pada program pendidikan kesetaraan Paket B belum terkelola dengan baik. Penelitian ini memberikan bukti bahwa bahan ajar belum mendapat perhatian dari para pembina penyelenggara dan pelaksana program pendidikan kesetaraan khususnya program pendidikan kesetaraan Paket B. Secara konseptual dan teoritik mudah untuk ditemukan bukti bahwa dalam proses belajar mengajar peran bahan ajar sangat strategis dan signifikan dalam memacu kemudahan belajar dan hasil belajar warga belajar. Apabila pada kasus Program Paket B hal ini tidak bisa dibuktikan secara empirik bukan berarti konsep dan teori bahan ajar tersebut tidak berlaku pada Program Paket B melainkan lebih disebabkan pada sistem pengelolaan dan cara pembelajaran pada Program Paket B yang belum memenuhi prinsip pembelajaran yang baik. Bahan ajar yang dipakai warga belajar lebih banyak berupa buku-buku sekolah formal. Selain itu pembelajaran lebih difokuskan pada pembahasan soal-soal ujian. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian ini disarankan (1) kepada pelaksana Program Paket B Setara SMP dalam pembuatan maupun penyediaan bahan ajar agar diperhatikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan warga belajar agar bahan ajar menarik untuk dibaca dan mudah dipahami oleh warga belajar sehingga bahan ajar yang dimiliki oleh warga belajar dapat dimanfaatkan secara maksimal guna mencapai hasil belajar yang optimal dan (2) kepada peneliti lebih lanjut berkaitan dengan hasil penelitian yang menunjukkan adanya perbedaan antara asumsi peneliti yang menyebutkan bahwa bahan belajar telah dipelajari dan dibaca oleh warga belajar sedangkan temuan menunjukkan adanya ketidakterbacaan serta sulitnya dipahami oleh warga belajar maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |