Manajemen program literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik (studi multi kasus pada SD dan MTs di Kabupaten Pasuruan) / Munimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen program literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik (studi multi kasus pada SD dan MTs di Kabupaten Pasuruan) / Munimah

Munimah (2017) Manajemen program literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik (studi multi kasus pada SD dan MTs di Kabupaten Pasuruan) / Munimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munimah. 2017. Manajemen Program Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik(Studi Multi Kasus Pada SD dan MTs. di Kabupaten Pasuruan). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. A. Supriyanto. M.Pd M.Si. (2) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin. M.Pd. Kata Kunci manajemen literasi minat baca peserta didik Rendahnya minat baca dikalangan peserta didik berpengaruh buruk terhadap kualitas pendidikan. Hal ini mendorong pemerintah untuk membuat suatu program yang bisa meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia khususnya minat baca dikalangan peserta didik yang kemudian kita kenal dengan program Gerakan Literasi Sekolah . Melalui gerakan literasi sekolah ini pemerintah berharap warga sekolah lebih suka menghabiskan waktu luangnya dengan membaca sehingga akan menumbuhkan minat baca dan meningkatkan kemampuan membaca di kalangan warga sekolah khususnya para peserta didik. Berdasarkan konteks tersebut peneliti merumuskan fokus penelitian yang meliputi (1) perencanaan program literasi (2) pengorganisasian dan mekanisme pelaksanaan program (3) evaluasi program (4) problem yang dihadapi dan solusi yang dilakukan serta (5) rencana tindak lanjut dalam program literasi di SDIT Bumi Darun Najah dan MTs. Nahdlatul Ulama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam observasi partisipan dan studi dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis data tunggal dan analisis data lintas kasus. Analisis data tunggal dilaksanakan dengan tahapan kondensasi data penyajian data serta penarikan kesimpulan sementara. Sedangkan analisis lintas kasus dilakukan dengan mengintegrasikan kedua temuan pada setiap masing-masing kasus. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut (1) perencanaan berawal dari ide atau gagasan yang mempunyai latar belakang berbeda.Gagasan atau pemikiran tersebut disampaikan dalam rapat dan kemudian diwujudkan dalam suatu program yaitu program literasi/ membaca. Tujuan pelaksanaan program literasi untuk menumbuhkan minat dan pembiasaan membaca pada peserta didik serta warga sekolah. Sasaran program ini adalah peserta didik (2) pengorganisasian program literasi dilakukan dengan dibentuknya tim pelaksana baik yang di bentuk oleh kepala sekolah maupun dibawah pengawasan waka. kurikulum dan disusun kedalam struktur organisasi. Sarana atau buku bacaan disediakan oleh sekolah dan atau peserta didik membawa buku bacaan sndiri. mekanisme pelaksanaan dari program literasi menggunakan sustained silent readingdengan alokasi waktu dan hari pelaksanaan yang berbeda tidak semua guru melakukan evaluasi dari pelaksanaan kagiatan literasi di kelas (3) evaluasi pelaksanaan program literasi dilaksanakan setiap semester ataupun setiap tahun. Evaluasi program meliputi perkembangan minat baca peserta didik sarana buku yang dimiliki sekolah keaktifan peserta didik dan juga guru yang mendampingi permasalahan atau hambatan yang dihadapi serta dampak program literasi terhadap minat baca peserta didik. Dampak dari pelaksanaan literasi terhadap minat dan kemampuan membaca peserta didik cukup signifikan terutama pada tingkat kelancaran membaca di kelas rendah (4) permasalahan yang di hadapi antara lain (a) tidak semua minat baca peserta didik tinggi (b) jumlah buku bacaan yang dimiliki sekolah terbatas (c) Ruang kelas yang terbatas serta (d) ketidak hadiran guru pedamping. Adapun solusi yang dilakukan yaitu (a) pemilihan bacaan dengan lebih banyak gambar/ilustrasi pendampingan serta pemberian motivasi untuk peserta didik yang masih kurang lancar membaca terutama pada tingkat dasar (b) saling menukar buku bacaan antar teman dalam satu kelas maupun lintas kelas (untuk tingkat dasar) dan membawa buku bacaan sendiri (untuk tingkat menengah) (c) pelaksanaan kegiatan membaca tidak hanya di dalam namun juga di depan maupun di luar (koridor) kelas (d) penugasan guru piket untuk menggantikan guru pendamping kegiatan literasi (5) rencana tindak lanjut. (a) mengadakan berbagai kegiatan untuk tetap memacu minat baca peserta (b) mempublikasikan karya peserta didik serta guru di media publikasi sekolah (c) membangun perpustakaan sekolah dan (d) memaksimalkan perpustakaan sekolah dengan menambah koleksi buku bacaan. Berdasarkan hasil evaluasi penelitian beberapa saran yang direkomendasikan adalah (1) dinas pendidikan Kabupaten Pasuruan perlu mensosialisasikan kembali gerakan literasi sekolah mengaktifkan peran dan fungsi pustakawan dan perpustakaan sebagai salah satu prasarana program literasi serta mewajibkan kepala sekolah untuk menerapkan dan mengintegrasikan program literasi ke dalam kurikulum pendidikan di tiap sekolah di Kabupaten Pasuruan (2) kepala sekolah diharapkan mengalokasikan dana operasional sekolah untuk menambah koleksi buku bacaan dan mendukung kegiatan yang diadakan koordinator/ pelaksana program untuk lancarnya pelaksanaan program literasi (3) koordinator/ pelaksana sebaiknya menggalakkan kegiatan yang lebih inovatif dan variatif sehingga mampu menarik minat baca peserta didik (4) peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi untuk melakukan atau mengembangkan penelitian dengan fokus dan latar belakang yang berbeda sehingga dapat menambah wawasan tentang manajemen program literasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57641

Actions (login required)

View Item View Item